nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Kecelakaan Kapal, BMKG Telah Peringatkan Dini Cuaca Buruk di Laut

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 07:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 05 337 1918068 marak-kecelakaan-kapal-bmkg-telah-peringatkan-dini-cuaca-buruk-di-laut-2s8vzv7Dqz.jpg KMP Lestari Maju tenggelam (Foto: Dok Ist)

JAKARTA – Dalam beberapa pekan terakhir terjadi dua kecelakaan kapal yang menewaskan banyak orang di perairan Indonesia. Cuaca ekstrem dan gelombang tinggi disebut menjadi salah satu penyebab kecelakaan kapal tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk yang melanda beberapa perairan Indonesia. Terlebih bagi kapal-kapal pengangkut penumpang di beberapa perairan Indonesia.

"BMKG selalu memberi peringatan dini jika terdapat indikasi adanya kondisi yang tidak bersahabat buat pelayaran," kata ‎Kabid Informasi Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (4/7/2018).

Eko mengimbau para pengguna transportasi laut agar berhati-hati jika sewaktu-waktu terjadi cuaca ekstrem. Hal itu diimbau kembali oleh BMKG mengingat masih ada beberapa perairan di daerah yang dilanda cuaca ekstrem.

"Masyarakat pengguna transportasi laut diharapkan dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca ekstrem di laut tersebut," terangnya.

Kapal Lestari Maju tenggelam (Foto: Dok ist)

Sebelumnya diketahui, ada dua peristiwa kecelakaan kapal di perairan Indonesia. Pertama, insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada 18 Juni 2018. Diperkirakan terdapat sekira 200 penumpang yang akan menuju dari Siamindo menuju Tigaras dalam KM Sinar Bangun.

Namun, hingga kini baru tiga orang orang yang ditemukan meninggal dunia dan 18 orang selamat ‎atas insiden kecelakaan kapal itu. Proses pencarian terhadap korban KM Sinar Bangun pun resmi dihentikan pada Selasa, 3 Juli 2018.

(Baca Juga : Menhub Utus KNKT Cari Data Kelayakan KM Lestari Maju)

Tak berselang lama dari kejadian tenggelamnya KM Sinar Bangun, kecelakaan kapal kembali terjadi. Kali ini, KM Lestari Maju yang mengangkut‎ 139 penumpang karam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Selasa, 3 Juli 2018, siang.

Hingga saat ini, tim petugas gabungan sudah menemukan sejumlah korban tewas tewas mayoritas adalah anak kecil dalam insiden kecelakaan kapal di Selayar. Tim petugas gabungan pun masih berusaha mencari korban lainnya.

(Baca Juga : Marak Kecelakaan Kapal, Ketua DPR Minta Kemenhub Tingkatkan Pengawasan)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini