nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendaftaran Caleg DPR dan DPRD Mulai Dibuka Besok

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 16:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 03 337 1917314 pendaftaran-caleg-dpr-dan-dprd-mulai-dibuka-besok-khRs7nuKi7.jpg Ketua KPU, Arief Budiman. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka pendaftaran bagi warga negara yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Rabu, 4 Juli 2018 besok hingga Selasa 17 Juli 2018.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, pendaftaran itu dibuka untuk caleg dari tingkat DPRD kabupaten/kota hingga DPR RI. Setiap partai politik harus mematuhi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten.

"Tanggal 4 sampai dengan 17 Juli akan dimulai pendaftaran untuk masing-masing tingkatan," kata Arief di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018).

KPU, lanjut Arief, sudah memberikan akses kepada setiap partai politik untuk mendaftarkan para calon wakil rakyatnya yang akan didaftarkan. Nantinya, setiap partai memasukkan identitas para caleg yang akan didaftarkan ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Ilustrasi.

"Parpol peserta pemilu sudah diberika akses untuk mengisi calon-calon yang akan didaftarkan di setiap dapil melalui sistem informasi kita yang disebut Silon (Sistem Informasi Pencalonan)," ujarnya.

PKPU Nomor 20 Tahun 2018 itu diharapkan menjadi sebuah rujukan setiap partai. Karena regulasi itu dibuat hanya untuk semata-mata menciptakan lembaga legislatif bersih dari para koruptor.

"Karena kalau yang paham hanya penyelenggara pemilu, peserta pemilunya enggak paham, itu bisa menimbulkan konflik, begitu juga sebaliknya kalau penyelenggara pemilunya enggak paham pesertanya paham, nah itu bisa timbul konflik," jelasnya.

Lebih lanjut Arief berharap tahapan pendaftaran hingga akhirnya pengumuman nanti bisa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini