Wiranto Minta Paslon Kepala Daerah Tak Euforia Rayakan Kemenangan

Badriyanto, Okezone · Rabu 27 Juni 2018 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 27 337 1914775 wiranto-minta-paslon-kepala-daerah-tak-euforia-rayakan-kemenangan-HSrISNsnP9.jpg Menko Polhukam, Wiranto (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta masing-masing pasangan calon dan para pendukungnya tidak menggelar perayaan yang berlebihan atas kemenangan berdasarkan hasil penghitungan cepat atau quick count Pilkada Serentak 2018.

"Kita imbau kepada petugas untuk mengajak paslon dan pendukungnya, tokoh politik setempat untuk tidak emosional, bagi yang kalah maupun menang, jangan terlalu euforia, yang menang jangan timbulkan demonstrasi yang berlebihan," kata Wiranto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Wiranto melanjutkan, apabila ada selisih pendapat atau masalah berkaitan dengan Pilkada serentak, sebagai politisi sebaiknya bijak, jangan selesaikan dengan fisik dilapangan. Utamanya bagi para elit partai politik, ia meminta agar mengajak jagoan maupun simpatisannya untuk tidak anarkis.

"Sengketa jangan diselesaikan di lapangan dengan fisik, sengketa ada ruangnya, ada wilayah hukum yang bisa selesaikan dengan baik. Teman-teman parpol jangan selesaikan sengketa dengan fisik di lapangan dengan pengerahan massa," tambahnya.

 Pemilu

Wiranto memaklumi apabila ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil Pilkada serentak. Sebagai bekas pimpinan partai politik ia mengaku dapat merasakan bagaimana perasaannya apabila calon yang diusung atau bahkan kadernya dinyatakan kalah dalam pemilu.

"Saya sendiri pernah mengalami, saya juga sering kali sebagai pimpinan parpol menghadapi suasana batin yang sama. Enggak salah jika hadapi dengan tenang, Seperti sepak bola, hadapi dengan baik," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini