nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Bolehkan Lembaga Survei Berkegiatan saat Masa Tenang Jelang Pilkada

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 24 Juni 2018 21:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 24 337 1913426 kpu-bolehkan-lembaga-survei-berkegiatan-saat-masa-tenang-jelang-pilkada-eMyjKGC0ZS.jpg Ketua KPU, Arief Budiman. (Foto: Antara)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak melarang lembaga survei berkegiatan menyampaikan hasil ā€ˇrisetnya saat masa tenang jelang Pilkada Serentak 2018. Menurut KPU, itu bagian dari aktivitas yang bisa dilakukan masyarakat selama masa tenang.

"Sebenarnya ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Survei itu hanya menjadi salah satunya. Survei itu banyak, survei tentang kinerja pemilu, survei tentang pasangan calon, kan mereka semua menampilkan itu di dalam tahapan pilkada," kata Ketua KPU, Arief Budiman di kantornya, Jakarta Pusat, Minggu (24/6/2018).

Sedangkan survei terkait elektabilitas peserta pilkada, kata Arief, tidak ada aturan baku yang mengatur rentang waktunya. Sehingga, lembaga survei dapat menyampaikan hasil analisa atau hasil risetnya hingga hari pencoblosan.

Ilustrasi.

"Kalau survei elektabilitas di dalam regulasi tidak diatur kapan waktunya, yang diatur di dalam regulasi itu penghitungan cepat. Kalau survei anda mau memperlihatkan profil siapa, silakan saja," ungkapnya.

Namun memang, ada catatan dari KPU untuk para lembaga survei. Menurut Arief, hasil riset yang dipaparkan oleh lembaga survei harus transparan dan metodenya juga harus dijelaskan kepada publik.

"Masyarakat harus dididik dengan baik. lembaga-lembaga itu harus mampu menginformasikan secara transparan. anda mengerjakan survei dengan cara seperti apa, siapa yang mengerjakan, uangnya dari mana," jelas Arief.

"Jadi dalam setiap rilis yang dibuat hal semacam itu harus disampaikan supaya masyarakat tahu, oh ini dilakukan oleh si A metodenya begini biayanya oleh si A, nah silakan," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini