nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU: Daerah Penyelenggara Pilkada Wajib Libur saat Hari Pencoblosan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 24 Juni 2018 18:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 24 337 1913401 kpu-daerah-penyelenggara-pilkada-wajib-libur-saat-hari-pencoblosan-o7p5VLjdAg.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan, daerah penyelenggara pilkada harus diliburkan pada Rabu, 27 Juni 2018. Ada 171 daerah di Indonesia yang melaksanakan pencoblosan pada tanggal tersebut.

Menurut Ketua KPU, Arief Budiman, keputusan hari libur bagi daerah penyelenggara Pilkada sudah diatur dalam Undang-Undang. Namun, dia mengaku tidak berhak memutuskan apakah pilkada harus dijadikan hari libur nasional atau tidak. Sebab, itu merupakan kewenangan pemerintah.

"(kalau libur nasional) jangan tanya saya, itu ditanya ke pemerintah saja. Tapi yang jelas untuk daerah-daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah harus libur karena perintah undang-undang," kata Arief di kantornya, Jakarta Pusat, Minggu (24/6/2018).

Ketua KPU.

Arief menjelaskan, dalam perintah UU, hari pelaksanaan gelaran pilkada, pileg, dan pilpres harus dilaksanakan pada hari libur. Ataupun, jika dilaksanakan pada hari kerja, maka wajib diliburkan.

"Jadi UU menyebutkan pemilihan kepala daerah, pileg, pilpres diselenggarakan di hari libur atau hari yang diliburkan. Jadi memang harus libur itu perintah UU," terangnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini