nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Terduga Teroris Depok Ikut Pelatihan Militer Bersama Pentolan ISIS Bahrumsyah

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 23 Juni 2018 16:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 23 337 1913125 2-terduga-teroris-depok-ikut-pelatihan-militer-bersama-pentolan-isis-bahrumsyah-50lAN7NBc7.jpg Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Iqbal (foto: Okezone)

JAKARTA - Dua terduga teroris AS dan AZW Alias MRS yang ditangkap di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat diketahui pernah mengikuti pelatihan semi militer bersama dengan Komandan ISIS untuk wilayah Asia Tenggara asal Indonesia, Bahrumsyah.

Bahrumsyah sendiri merupakan pentolan ISIS perwakilan Indonesia yang tewas pada Maret 2017 saat melakukan amaliyah di Negara Suriah.

"Mengikuti pelatihan semi militer di gunung gede 2014 bersama Bahrumsyah dan Ahmad Syarifudin," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal, Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Berdasarkan deteksi dini Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror, kedua teroris itu disinyalir akan segera melakukan aksi terornya dalam waktu dekat.

 Terorisme

Menurut Iqbal, aksi amaliyah kedua terduga teroris itu diduga kuat akan melakukan penyerangan saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Jawa Barat.

"Merencanakan amaliyah dalam pelaksanaan pilkada Jabar 2018," ungkap Iqbal.

Aksi penangkapan kedua terduga pelaku sendiri sempat diwarnai drama baku tembak dengan Densus 88 Antiteror di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Baku tembak itu terjadi saat kedua pelaku mengendarai motor dan menembaki aparat kepolisian.

 teror

Karena dinilai membahayakan aparat, Tim Densus 88 Antiteror akhirnya menembak mati kedua teroris tersebut. Kedua teroris tersebut akhirnya meninggal dunia dan dibawa ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Petugas terpaksa melakukan upaya pelumpuhan, yang mengakibatkan kedua terduga teroris meninggal dunia," tutur Iqbal.

Sejumlah barang bukti pun diamankan dalam penangkapan itu, antara lain, satu bilah pisau komando, satu pucuk pistol FN lengkap dengan magasin dan peluru 9 MM sebanyak 10 butir.

Tim Densus 88 Antiteror melakukan operasi penangkapan terhadap terduga teroris di Kota Depok, Jawa Barat, hari ini. Dalam kegiatan itu, aparat menangkap tiga orang yang diduga akan melancarkan aksi terornya.

Selain dua orang yang ditembak mati, Densus 88 juga menangkap seorang terduga teroris lainnya berinisial MM di kawasan Mekar Jaya, Sukmajaya Depok, Jawa Barat.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini