Jasa Marga Sebut Arus Mudik 2018 Berjalan Lancar karena Inovasi Teknologi

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 23 Juni 2018 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 23 337 1913071 jasa-marga-sebut-arus-mudik-2018-berjalan-lancar-karena-inovasi-teknologi-9MRjDLhq9f.jpg

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan bahwa arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2018 lebih dirasakan lancar dan nyaman oleh masyarakat karena penerapan kebijakan inovasi teknologi dan manajemen traffic lebaran.

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, dalam setiap perayaan hari besar dan libur panjang, pihaknya selalu berkomitmen untuk menciptakan perjalanan yang aman. Terutama kata dia, saat pelaksaan mudik Lebaran tiba, jajarannya akan berusaha untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna Jalan Tol.

"Untuk itu, kami menyiapkan infrastruktur, sarana dan prasarana termasuk kesiapan SDM yang dapat mendukung goals pelaksanaan arus mudik balik Lebaran dengan melakukan koordinasi dengan stakeholder utama (KementerianPUPR, Kemenhub, Polri, Kemenkes dan Pertamina) sejak jauh-jauh hari," ujar Desi, Sabtu (23/6/2018).

Menurutnya, Jasa Marga melakukan persiapan dan inovasi-inovasi teknologi dari berbagai lini, seperti pelayanan transaksi, lalu lintas, informasi, kesiapan jalur fungsional serta pengaturan di rest area menjadi fokus utama perhatian manajemen Jasa Marga.

Desi menyebut, tingginya lonjakan kendaraan tidak menyurutkan semangat #JMSiaga. Terbukti, dengan adanya sinergi, koordinasi dan kerja sama antar seluruh pihak, segala krisis dapat teratasi dengan baik.

Di sisi lain, Direktur Sumber Daya Manusia & Umum Kushartanto menuturkan, keberhasilan Jasa Marga tersebut tidak terlepas dari dukungan dan peran serta stakeholder terkait, baik dari unsur Pemerintahan, Kepolisian maupun pengguna jalan yang sangat kooperatif dalam mematuhi arahan petugas dan menyiapkan perjalanan dengan baik.

"Untuk itu kami berterima kasih kepada kepolisian dan pihak terkait serta pengguna jalan yang mendukung arus mudik dan balik tahun ini berjalan dengan baik," tutur Kushartanto.

Kushartanto menyebutkan, selain melakukan koordinasi dengan stakeholder, pihaknya melakukan pantauan progress jalur mudik melalui kunjungan lapangan berkali-kali untuk memastikan jalan tol dapat digunakan pada arus mudik dan balik Lebaran.

Kemudian, lanjutnya, penyiapan infrastruktur ruas-ruas yang sudah beroperasi dengan menambah kapasitas lajur dan gardu serta pelayanan lalu lintas dan saluran komunikasi seperti RAMS (Rest Area Monitoring System), RTMS, VMS, CCTV, Videotrone serta LJT, PJR, rescue dan ambulans.

"JM (Jasa Marga) juga menyiapkan pelayanan transaksi dengan menambahkan mobile reader, titik-titik top-up uang elektronik dan layanan gerak Perbankan terkait 100% non tunai. Pelayanan di Rest Area dengan mengatur lalu lintas zonasi rest area, penambahan toilet mobile, bekerjasama dengan Pertaamina mengadakan BBM kemasan," ucap Kushartanto.

Sementara itu, Direktur Operasi II Subakti Syukur menjelaskan, selain menyiapkan invoasi teknologi dan management traffic, Jasa Marga juga menyiapkan petugas operasional eksisting di masing-masing Cabang dan Anak Perusahaan.

Jasa Marga juga menambah satgas JM Siaga dengan jumlah sekitar 300 orang, termasuk karyawan fungsional dan struktural yang terbagi di wilayah operasional Jawa Barat hingga Jawa Timur serta di luar Pulau Jawa seperti Medan dan Bali.

“Mereka diberikan pembekalan pelatihan dan manual-manual SOP memitgasi resiko-resiko dan sebagainya. SDM-nya sudah kita latih, kami masukan budaya Jasa Marga baru, yakni agility, karya, harus lincah, spartan, profesional, integrity dan costumer fokus. Ini nilai budaya yang harus jadi perilaku karyawan Jasa Marga Group,” papar Subekti.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini