nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aman Abdurahman Tidur saat Jalani Sidang Vonis

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 10:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 22 337 1912635 aman-abdurahman-tidur-saat-jalani-sidang-vonis-lmMLfePA4P.jpg Terdakwa kasus bom Thamrin, Aman Abdurrahman, sempat tidur saat jalani sidang vonis di PN Jaksel, Jumat (22/6/2018). (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

JAKARTA – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan masih membacakan amar putusan kasus bom Jalan Thamrin atas terdakwa Oman Rochman alias Abu Sulaiman bin Ade Sudarma alias Aman Abdurahman.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, Jumat (22/6/2018), saat mendengarkan amar putusan yang dibacakan Majelis Hakim, Aman Abdurahman tampak sempat tertidur sekira 10 menit saat berada di kursi pesakitan ruang sidang utama Prof H Oemar Seno Adji.

Duduk di kursi pesakitan, Aman Abdurahman terlihat tertidur dengan mengangkat tangan kanannya untuk menopang wajahnya dengan mata terpejam. Meski begitu, Majelis Hakim tetap membacakan amar putusan dari pentolan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) itu.

Sidang sendiri sudah berjalan sekitar 1,5 jam sejak dimulai pukul 09.00 WIB. Ruang sidang pun terus dipadati masyarakat umum.

Terdakwa bom Thamrin Aman Abdurahman sempat tertidur saat jalani sidang vonis di PN Jaksel, Jumat 22 Juni 2018. (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

Kendati demikian, hingga saat ini wartawan masih dilarang untuk meliput jalannya proses persidangan pembacaan putusan ini. Kepolisian dan pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan mempersilakan masuk pewarta ketika materi pembacaan putusan.

Pelarangan peliputan ini merujuk pada surat edaran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang melarang sidang kasus tindak pidana terorisme disiarkan secara langsung lantaran khawatir dengan efek domino yang ditimbulkan.

(Baca Juga : Jalani Sidang Vonis, Aman Abdurahman Tampak Tenang Dengarkan Amar Putusan Hakim)

Dalam kasus ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Majelis Hakim untuk menjatuhkan hukuman mati kepada Aman Abdurahman. Pasalnya, Aman dinilai telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana terorisme.

(Baca Juga : Tak Ada Persiapan Khusus, Aman Abdurahman Siap Hadapi Vonis)

JPU menyebut, Aman Abdurahman terbukti telah menjadi penggerak atau dalang di balik terjadinya aksi teror bom di Thamrin dan Kampung Melayu, Jakarta, serta beberapa aksi teror lainnya di Indonesia.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini