nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mabes Polri Tegaskan Mutasi Wakapolda Maluku Tidak Terkait Pilkada

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 21 Juni 2018 14:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 21 337 1912307 mabes-polri-tegaskan-mutasi-wakapolda-maluku-tidak-terkait-pilkada-h3dgmyFrKY.jpg Kadiv Humas Mabes Polri Setyo Wasisto

JAKARTA - Beredar telegram rahasia yang berisikan bahwa Wakapolda Maluku Brigjen Pol Hasanuddin mendapatkan mutasi jabatan.

Terkait hal itu, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan adanya surat telegram rahasia mutasi Hasanudin hanyalah dibebastugaskan dari jabatan yang lama menuju jabatan baru.

“Itu telegram biasa, tidak ada tulisannya tidak netral, yang ada adalah dibebastugaskan dari jabatan lama dan dimutasikan ke jabatan baru” ujar Setyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (21/6/2018).

(Baca Juga: Wakapolda Maluku Dimutasi, IPW Sebut Karena "Bermain" di Pilkada)

Mengenai adanya anggapan Hasanudin tidak netral, Setyo pun menegaskan bila di dalam telegram tersebut hanya permutasian jabatan, tanpa ada penjelasan mengenai anggapan tersebut.

“Saya tidak melihat itu, dan saya melihat faktanya saja kan ada di telegram itu dan dilaksanakan,” terang dia.

Diketahui, Mutasi Brigjen Hasanuddin ini tertuang dalam Telegram Rahasia (TR) bernomor: ST/1535/VI/Kep/2018 tanggal 20 Juni 2018. Posisi Hasanuddin digantikan oleh Brigjen A Wiyagus yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Mendapati hal tersebut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, mengaitkan dengan penyelanggaraan Pilkada, di mana ia menyatakan Brigjen Hasanuddin mendukung salah satu pasangan calon peserta Pilkada.

“Indonesia Police Watch (IPW) memberi apresiasi pada Kapolri Tito Karnavian yang sudah bertindak cepat dan tegas mencopot Wakapolda Maluku Brigjen pol Hasanuddin yang sudah berkampanye untuk mendukung Paslon Irjen (Purn) Murad Ismail di Pilgub 2018,” ujar Neta S Pane dalam keterangannya yang diterima Okezone.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini