nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Terjunkan Tim Pencari Fakta Terkait Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 05:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 20 337 1912097 pemerintah-terjunkan-tim-pencari-fakta-terkait-tenggelamnya-km-sinar-bangun-PmuzD6fsMy.jpg

JAKARTA - Pemerintah menerjunkan tim pencari fakta yang dipimpin Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ke Danau Toba, Sumatera Utara untuk mengetahui penyebab tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun.

"Tim pencari fakta yaitu dari KNKT yang berusaha mencari tentang penyebab kecelakaan. Ada tim penanganan korban, tim yang melakukan penanganan terhadap korban meninggal dunia atau selamat, tim kelima tim pemulangan korban, kalau ada beberapa korban yang harus dipulangkan atau meninggal ada tim khusus. Terakhir tim media," kata Budi Karya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/6/2018).

Budi Karya menjelaskan, pemerintah juga akan melakukan penanganan dan pencarian korban selama 7 hari ke depan. Kemudian, lanjut dia, pencarian akan dilanjutkan selama tiga hari ke depan untuk terus mencari para korban bila diperlukan.

"Seperti yang disampaikan Bapak Presiden, kita akan lakukan audit KNKT dan audit akan jadi dasar melakukan evaluasi, tentang tata laksana dan bagaimana mengatur suatu pelayaran ini lebih baik," jelasnya.

Ia menerangkan, KM Sinar Bangun sebenarnya hanya mampu mengangkut 43 penumpang. Namun, kapal nahas tersebut diketahui menganggut sekitar dua ratus penumpang yang tengah melakukan libur Lebaran di destinasi wisata yang ada di Tanah Batak tersebut.

"Kapasitas kapal 43 (penumpang) menurut pengalaman saya di Kali Adem, satu kapal yang punya kapasitas tertentu, kalau dua kali lipat penuh sekali. Jadi tanpa bermaksud mengatakan 200 benar atau salah tapi saat ini memang kita belum dapat manifes dan surat izin berlayar, kami tugaskan KNKT cari data itu, baik administratif maupun dari saksi-saksi yang ada," imbuhnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini