nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Politik Melalui Zakat, Bawaslu Gandeng Baznas

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 19:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 08 337 1908418 cegah-politik-melalui-zakat-bawaslu-gandeng-baznas-tXFKqAXp6z.jpg Bawaslu RI tandatangani MoU dengan Baznas cegah politik lewat zakat di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018). (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melakukan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Kerjasama itu akan menyangkut kerjama dalam mengawasi Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan adanya MoU ini diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk mengawasi pemilu dan perzakatan yang idela.

“Mendorong masyarakat luas untuk ikut serta mengawasi dan mendukung pelaksanaan kebijakan perundang-undangan mengenai pemilihan umum dan perzakatan yang ideal,” papar Abhan di Kantor Bawaslu, Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018).

Adapun, kata Abhan, kesepahaman yang dilakukan kedua lembaga ini untuk mencegah adanya pelanggaran mengenai penyalahgunaan wewenang mengelola zakat dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas.

“Untuk menghindari potensi politik uang atau kampanye dalam penunian zakat, infaq dan sodaqoh,” terang dia.

Bawaslu RI

Sementara, Ketua Baznas Bambang Sudibyo menyatakan, adanya kerjaama pihaknya dengan Bawaslu memiliki tujuan untuk mencegah pelanggaran dan penyalahngunaan dalam melaksanakan tugas sebagai pengelola zakat.

“Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mencegah ketentuan dan penyalahgunaan wewenang dalam melaksanakan tugas sebagai pengelola zakat,” tutur Bambang.

Kata Bambang, pihak Baznas sudah melakukan penerbitan surat edaran kepada seluruh anggotanya untuk bersifat netral dalam pemilu.

“Sikap netral ditunjukkan dengan tidak menjadi anggota parpol, tidak ikut kampanye, serta tidak menyatakan dukingan secara terbuka kepada parpol atau peserta pemilu tertentu,” beber Bambang.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini