Share

Usut Kasus Amien Rais terkait Partai Setan, Polisi Akan Panggil MUI Setelah Lebaran

Badriyanto, Okezone · Senin 04 Juni 2018 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 04 337 1906202 usut-kasus-amien-rais-terkait-partai-setan-polisi-akan-panggil-mui-setelah-lebaran-IknKwNX1uY.jpg Amien Rais. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya berencana meminta keterangan dari pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai saksi ahli dalam kasus dugaan penodaan agama dan ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan Jayamarta mengatakan, jadwal pemeriksaan terhadap pihak MUI akan dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Namun, ia belum memastikan siapa pihak MUI yang bakal dimintai keterangan prihal pernyataan Amien Rais yang menyebut "Partai Tuhan dan Partai Setan".

"Dari MUI itu pasti nanti (diperiksa). Nanti habis Lebaran," ucap Adi Deriyan saat dikonfirmasi, Senin (4/6/2018).

(Baca: Sebut Partai Setan, Amien Rais Resmi Dilaporkan ke Polda Metro Jaya)

Amien Rais. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Kemudian berkaitan dengan pemanggilan Amien Rais selaku pihak terlapor, masih menunggu hasil keterangan saksi-saksi yang dalam proses. Menurut dia, penyidik sangat berhati-hati dalam setiap menangani perkara, khususnya yang melilit mantan ketua MPR RI ini.

"Nanti kalau Amien Rais, saya mau tanya perkembangan kasusnya sejauh mana, karena kan saya mau diskusi terkait dengan ahli agama. Pandangan agama terkait kalimat (Partai Tuhan dan Partai Setan) itu bagaimana, jangan sampai salah," jelasnya.

Sekadar diketahui, polisi membuka penyelidikan kasus tersebut setelah mendapat laporan dari Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi pada Minggu 15 April 2018. Aulia menuduh Amien Rais telah menyebarkan ujaran kebencian dan penodaan agama melalui pernyataan kontroversialnya dengan menyebut "Partai Allah dan Partai Setan".

(Baca: MUI Dukung Pernyataan Amien Rais Tentang Partai Setan, Ini Penjelasannya)

Pasalnya, pernyataan Amien Rais itu disampaikan saat memberikan tausiah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Jumat 13 April 2018. Dalam kasus tersebut, Amien Rais terlancam dijerat Pasal 156 a KUHP tentang Penodaan Agama dan Pasal 28 Ayat (2) juncto Pasal 45 a Ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Amien Rais. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)(han)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini