nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Lahir Pancasila Momentum Merekat Persatuan Bangsa dan Kepedulian Sosial

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 23:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 01 337 1905554 hari-lahir-pancasila-momentum-merekat-persatuan-bangsa-dan-kepedulian-sosial-Ko4gXaWthF.jpg Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS) Jazuli Juwaini menekankan pentingnya kembali menghayati dan menjiwai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini mengingat tantangan dan ancaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin kompleks dan eksesif. 

"Banyak tantangan dan ancaman yang kita hadapi sebagai bangsa mulai dari dekadensi moral, budaya liberal tanpa batas, terorisme dan radikalisme, hoaks dan ujaran kebencian, gesekan sesama anak bangsa yang mengancam persatuan, dan lain sebagainya," jelas Jazuli, di Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Ilustrasi Hari Lahir Pancasila (foto: Okezone) 

"Semua itu solusinya ada pada Pancasila jika kita mau kembali menghayati dan mengamalkannya secara konsekuen," imbuh Jazuli. 

Menurut Jazuli, Pancasila merupakam dasar negara yang menjadi identitas dan karakter bangsa Indonesia sehingga harus terus dijiwai dan dipraktikan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Maka, Pancasila harus kita posisikan sebagai alat perekat persatuan, platform bersama serta ideologi dalam berbangsa dan bernegara," kata Jazuli. 

Anggota Komisi I DPR ini menambahkan dengan memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni bisa menjadi momentum merekat persatuan sehingga dapat menghadapi segala ancaman bangsa. 

"Satu cara yang efektif agar kita bersatu adalah dengan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama warga. Apalagi di bulan penuh berkah ini kepedulian kita bukan saja mengokohkan persatuan, tapi sekaligus bernilai ibadah yang pahalanya berlipat ganda," pungkas Jazuli.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini