nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pancasila dan Kekuatan Membantu Umat Manusia Peroleh Masa Depan Lebih Baik

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 10:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 01 337 1905359 pancasila-dan-kekuatan-membantu-umat-manusia-peroleh-masa-depan-lebih-baik-8rhjQy71dv.jpg Pancasila.

JAKARTA - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Yahya Cholil Staquf menilai, dalam 50 tahun terakhir perjalanan sejarah Indonesia, berbagai ikhtiar dan strategi yang dikembangkan untuk memecahkan masalah-masalah bangsa lebih banyak terkungkung pada konteks domestik alias dalam negeri semata.

"Kalaupun ada pertimbangan-pertimbangan ataupun langkah-langkah yang terkait dengan dinamika internasional, lebih banyak bersifat pragmatif dan sempit di seputar aspek-aspek teknis dari permasalahan yang ditangani," kata Cholil dalam siaran pers terkait Hari Pancasila, Jumat (1/6/2018).

Menurutnya, perlu dibangkitkan kesadaran bahwa lebih dari sekadar kekayaan ekonomi, Indonesia juga memiliki 'gudang raksasa' peradaban yang diwarisi oleh nenek moyang.

Jokowi Lantik Yahya Cholil Staquf Menjadi Anggota Wantimpres Menggantikan Almarhum KH Hasyim Muzadi

Dia mencontohkan, Presiden pertama RI, Soekarno selalu menggaungkan bahwa Pancasila adalah sari pati kekayaan yang digali dari bumi pertiwi. Bung Karno juga terus menyerukan pada dunia agar menengok Pancasila sebagai persembangan Indonesia bagi peradaban dunia.

"Presiden RI keempat, K.H Abdurrahman Wahid juga berjuang sekuat tenaga menghadirkan Indonesia dalam kancah pergaulan internasional dengan identitas dan karakter Pancasila," ujarnya.

(Baca juga: Pancasila Hadir untuk Selesaikan Berbagai Persoalan Bangsa)

Menurut Cholil, di tengah kemelut dunia yang diwarnai berbagai benturan antaridentitas dan antar-peradaban yang semakin menjurus ke krisis global, visi para 'Bapak Pendiri Bangsa' adalah mewujudkan peradaban mulia bagi seluruh umat manusia. Hal itu tersurat dan tersirat dalam Pembukaan UUD 1945.

"Hanya kita, Bangsa dan NKRI yang memiliki visi dan cita-cita agung yang secara gamblang dijabarkan dan secara tegas dikukuhkan sebagai konsensus Bangsa seperti itu, tidak ada yang lain," ujarnya.

Pancasila

Cholil berharap, bangkit kesadaran seluruh anak Bangsa, terutama para pemimpin bahwa Bangsa ini tak hanya sekadar mengarungi lautan gejolak dunia untuk mencari keselamatan bagi diri sendiri saja. "Tapi kita memiliki kekayaan dan kekuatan untuk membantu seluruh umat manusia menemukan masa depan yang lebih baik dan lebih mulia bagi peradaban dunia," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini