nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Lantik Yahya Cholil Staquf Jadi Anggota Wantimpres

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 31 Mei 2018 14:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 31 337 1904972 jokowi-lantik-yahya-cholil-staquf-jadi-anggota-wantimpres-QvOPq2R93a.jpg Pelantikan Yahya Cholil Staquf jadi anggota Wantimpres di Istana Negara, Jakarta, (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Yahya Cholil Staquf menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Yahya Cholil Staquf merupakan mantan juru bicara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Yahya Cholik Staquf ditunjuk menjadi Wantimpres menggantikan posisi Hasyim Muzadi yang wafat, pada 16 Maret 2017.

Acara pelantikan Yahya berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/5/2018) sekira pukul 13.30 WIB. Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan diikuti dengan pembacaan petikan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 84P/2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Wantimpres.

Pelantikan Yahya Cholik Staquf jadi anggota Wantimpres (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Kemudian Presiden Jokowi membimbing Yahya mengambil sumpah jabatan sebagai Wantimpres. "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabhakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Yahya dalam sumpah jabatan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjutnya mengikuti ucapan Kepala Negara.

Pelantikan Yahya Cholik Staquf jadi anggota Wantimpres (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Prosesi ini diakhiri dengan penandatanganan berkas berita acara pelantikan dan pemberian ucapan selamat dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan para pejabat lainnya yang menghadiri pelantikan.

(Baca Juga : Presiden Jokowi Akan Lantik Mantan Jubir Gus Dur Jadi Watimpres)

Sejumlah pejabat yang hadir dalam pelantikan ini antara lain Wantimpres Agum Gumelar dan Sidarto Danusubroto, Kepala Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri, serta Menko Polhukam Wiranto.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini