Dilantik Jadi Deputi BSSN, Brigjen Dharma Pongrekun Siap Emban Tugas Negara

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 25 Mei 2018 19:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 25 337 1902846 dilantik-jadi-deputi-bssn-brigjen-dharma-pongrekun-siap-emban-tugas-negara-pbo0CiwM8s.jpg Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Brigjen Dharma Pongrekun (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

JAKARTA – Brigjen Dharma Pongrekun mengaku siap untuk menjalani tugas dan tanggung jawab yang diberikan negara saat menjabat Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Hari ini, Dharma Pongrekun resmi menjadi salah satu pejabat eselon I di lingkungan BSSN. Pelantikan itu langsung dipimpin oleh Djoko Setiadi, selaku Kepala BSSN di Aula Roebiono Kertopati, Jakarta, Jumat (25/5/2018).

"Tugas saya di BSSN adalah tugas baru, tetapi ini merupakan tantangan dan tanggung jawab diberikan oleh negara," kata Dharma usai pelantikan.

Menurutnya, dewasa ini masyarakat akan bersentuhan langsung dengan dunia siber. Hal itu mengingat kemajuan teknologi dan informasi saat ini sudah masuk ke Indonesia.

BSSN (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

Dharma menegaskan, tantangan saat ini adalah maraknya berita palsu atau hoax di dunia maya serta kejahatan siber lainnya yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan ketahanan negara. Oleh karenanya, dia akan melakukan pengawasan dan pencegahan atas bahaya yang dilahirkan dari dunia Siber.

"Sehingga tidak dapat diintervensi oleh bidang manapun juga oleh lawan manapun juga. Kami berharap bergabungnya saya di BSSN ini dapat berikan kontribusi lebih baik lagi sehingga antara stakeholder bekerjasama dengan baik," papar dia.

Jenderal polisi bintang satu itu menekankan, pihaknya akan melakukan komunikasi dan kordinasi dengan lembaga negara lainnya dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di dunia siber. Misalnya, seperti Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Brigjen Dharma Pongrekun (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

"Tentunya badan siber atau fungsi siber lain senantiasa koordinasi dengan kami dalam bersinergi menjaga keamanan siber nasional ini," ujar dia.

(Baca Juga : Mendagri dan Kepala BSSN Bahas Jaringan Komunikasi Pusat dan Daerah)

Selain itu, BSSN melantik dua pejabat eselon I lainnya di lingkungan BSSN. Keduanya adalah Brigjen TNI (Mar) Suharyanto sebagai Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian BSSN serta Marsma TNI Asep Chaerudin sebagai Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN.

(Baca Juga : Kapolri Tugaskan Brigjen Dharma Pongrekun di Badan Siber dan Sandi Negara)

Pada pelantikan kali ini terdapat Pejabat Pimpinan Tinggi Madya yang berasal dari TNI/Polri. Hal ini menunjukkan bahwa BSSN membuka diri dan memberikan kesempatan kepada instansi manapun untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam memperkuat BSSN sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

 

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini