Penyerangan Jamaah Ahmadiyah, Ini Langkah yang Dilakukan Komnas HAM

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 21 Mei 2018 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 21 337 1900927 penyerangan-jamaah-ahmadiyah-ini-langkah-yang-dilakukan-komnas-ham-qn1AxAxNtj.jpg Foto Ilustrasi

JAKARTA - Warga melakukan penyerangan pemukiman kelompok Ahmadiyah di Desa Gereng, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terkait hal itu, Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menuturkan bahwa langkah yang akan dilakukan pihaknya akan melakukan pengecekan terkait laporan jamaah Ahmadiyah yang mengalami penyerangan.

“Pengaduan kalau mekanismenya akan kita proses haknya apa saja yang dilanggar,” papar Beka di Komnas Perempuan, Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Kemudian, sambung Beka, pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan pihak kepolisian dan pemerintah baik dari daerah hingga pusat untuk memastikan bahwa hak semua Jamaah Ahmadiyah bisa dipulihkan dan dipenuhi.

“Kemudian komunikasikan dengan kepolisian dan pemerintah daerah agar memastikan semuanya bisa dipulihkan dan dipenuhi,” tutur dia.

Sementara itu, Komisiner Komnas Perempuan Magdalena Sitorus menjelaskan bilamana pengaduan yang diajukan oleh Jamaah Ahmadiyah yang mengalami penyerangan dengan kekerasan dan pengusiran.

“Jadi pengaduan yang disampaikan kami akan berfokus pada generis terutama jamaah perempuan Ahmadiyah. Dan akan ditindak lanjuti baik dengan pemerintah daerah setempat kemudian juga dengan pemerintah pusat,” pungkas Magdalena.

Sebelumnya diketahui, teror penyerangan dengan kekerasan dan pengusiran terhadap Jemaat Ahmadiyah kembali terjadi. Kali ini di Kecamatan Sekra, Lombok Timur Nusa Tenggara Barat pada 19 hingga 20 Mei 2018.

Adapun, serangan pertama terjadi pada Sabtu, sekitar pukul 13.00 WITA, lalu disusul serangan berikutnya kira-kira pukul 21.00 WITA, serta Minggu pagi sekira pukul 06.30 WITA.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini