nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

20 Tahun Reformasi, Mendagri: Mari Tentukan Sikap, Siapa Kawan, Siapa Lawan!

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 21 337 1900899 20-tahun-reformasi-mendagri-mari-tentukan-sikap-siapa-kawan-siapa-lawan-VKfGPLuVsC.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Ist)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ikut merefleksikan makna 20 tahun reformasi yang jatuh pada hari ini. Menurut dia, kualitas demokrasi di Indonesia semakin baik dari hari ke hari, khususnya pada era kekinian.

Namun, dalam konteks kehidupan bernegara, dirinya melihat ada upaya dari kelompok tertentu yang ingin mengubah ideologi negara.

"Lah 73 tahun ini, ada kemunduran, menghalalkan segala cara, ada kelompok-kelompok, perorangan, yang ingin mengubah ideologi negara," ujar Tjahjo di Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Reformasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Tjahjo, menyayangkan adanya eksistensi kelompok yang ingin mengganti haluan negara. Karena itu, pemerintah harus bersikap tegas dalam menghadapi persoalan seperti ini.

"Siapapun kelompok, perorangan, golongan yang menghalalkan segala cara mulai dari pengeboman, merusak elemen masyarakat dengan membangun pola pikir ideologi baru, ya mari secara mikro deteksi dini," jelasnya.

Reformasi

Deteksi dini itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan. Dalam pelaksanaannya, seluruh unsur masyarakat harus terlibat, mulai dari RT, RW, dan kalangan lainnya.

"Mari kita tentukan sikap, siapa kawan, siapa lawan. Pada seluruh elemen bangsa, jaga bangsa ini dengan baik," pungkas Tjahjo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini