nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Gunung Berapi yang Meletus dalam 2 Tahun Terakhir

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2018 07:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 12 337 1897379 5-gunung-berapi-yang-meletus-dalam-2-tahun-terakhir-oEYTPPRTlx.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Indonesia memiliki banyak dataran tinggi atau daerah pegunungan di berbagai pelosok daerah. Gunung-gunung yang berada di daerah itu masih banyak yang aktif dan siap meletus kapan saja.

Dalam dua tahun terakhir, gunung berapi di Indonesia kembali aktif dan mengeluarkan panas buminya alias meletus. Berdasarkan hasil penelusuran Okezone, ada lima gunung berapi yang meletus dalam dua tahun terakhir.

1. Gunung Barujari (Anak Rinjani)


Gunung Barujari merupakan anakan gunung Rinjani yang berada di daerah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Gunung Barujari merupakan gunung aktif yang kembali meletus pada 27 Agustus 2016.

Gunung yang posisinya berada di tengah Danau Segara Anak ini meletus hingga melontarkan Abu vulkanik setinggi 2000 meter. Akibatnya, ratusan wisatawan yang berada di sekitaran gunung Rinjani dievakuasi.

Tak hanya itu, jadwal penerbangan dari Bandara Ngurah Rai Bali menuju Australia juga sempat mengalami penundaan akibat letusan gunung Barujari.

2. Gunung Gamalam‎a


Gunung Gamalama yang beradap di Kota Ternate, Maluku Utara, meletus pada, 3 Agustus 2016. Abu vulkanik akibat letusan gunung tersebut mengawan hingga 500 - 600 meter. Letusan gunung juga disertai dengan gempa.

Akibat letusan gunung Gamalama, Bandara Babullah ditutup sementara. Tak hanya itu, Kota Ternate juga sempat mengelurkan status siaga darurat atas Abu vulkanik ‎yang menghujani daerah itu.

3. Gunung Sinabung


Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara meletus sebanyak dua kali dalam dua tahun terakhir. Letusan pertama terjadi pada, 2 Mei 2‎016. Kedua terjadi pada 19 Februari 2018.

Pada letusan pertama di tahun 2016, Gunung Sinabung memakan tujuh korban jiwa. Sebanyak tujuh orang meninggal akibat terkena awan panas dan dua orang sempat mengalami kondisi kritis. Para korban diketahui berjarak 4 Km dari Gunung Sinabung.

Setelah meletus empat kali pada tahun 2016, Gunung Sinabung kembali mengeluarkan panas buminya di awal 2018. Gunung Sinabung meletus kembali pada 19 Februari 2018. Namun, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam letusan ‎

4. Gunung Agung


Gunung Agung merupakan tertinggi di Pulau Bali‎. Pucuk tertinggi di Pulau Dewata ini pernah meletus pada akhir tahun 2017. Abu vulkanik letusan Gunung Agung mencapai 2500 meter.

Gunung tersebut kembali meletus pada Februari 2018. ‎Namun, letusan tersebut tidak terlalu signifikan ketimbang letusan pada 2017.

5. Gunung Merapi


Gunung Merapu merupakan gunung paling aktif di Indonesia. Gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah ini sudah meletus sekira 68 kali. Gunung ini pernah meletus pada tahun 2010 dan mengakibatkan 353 jiwa meninggal dunia.

Gunung terseb‎ut kembali meletus pada 2018, atau tepatnya, 11 Mei 2018. Namun, Gunung Merapi hanya mengalami letusan freatik. Letusan tersebut terjadi secara tiba-tiba tanpa didahului dengan tanda-tanda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini