JK Tutup Pertemuan Trilateral Ulama Indonesia-Afghanistan-Pakistan di Bogor

Bayu Septianto, Okezone · Jum'at 11 Mei 2018 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 11 337 1897165 jk-tutup-pertemuan-trilateral-ulama-indonesia-afghanistan-pakistan-di-bogor-eMEEXx3KKd.jpg Wapres Jusuf Kalla tutup pertemuan trilateral ulama Indonesia, Pakistan, Afganistan (Foto: Bayu Septianto)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menutup pertemuan trilateral antara Indonesia, Pakistan, dan Afghanistan di Istana Bogor. Pertemuan tersebut diharapkan dapat membawa keberkahan baik bagi Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan dalam mewujudkan perdamaian di Afghanistan.

"Bogor ini terkenal sebagai kota hujan. Umat Islam meyakini hujan adalah berkah. Semoga pertemuan ini menjadi berkah yang tercurah bagi kita semua," kata JK di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/5/2018).

Menurut JK, pertemuan seperti ini harus rutin dilaksanakan. Sebab, perdamaian harus tercipta di seluruh negara, terutama negara-negara Islam yang kerap dilanda peperangan.

"Upaya perdamaian terus dilakukan dan pertemuan ini adalah bagian untuk mewujudkan perdamaian itu, sesuai amanat konstitusi untuk berkontribusi mewujudkan perdamaian dunia," imbuhnya.

 

JK mengatakan, Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia bertanggung jawab untuk membantu mewujudkan perdamaian di Afghanistan dan Pakistan.

Pertemuan yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyepakati adanya pesan perdamaian yang bertajuk 'Bogor Ulema Declaration of Peace'. JK mengungkapkan, pesan perdamaian yang dituangkan dalam deklarasi tersebut berisikan pandangan para ulama tentang pentingnya perdamaian yang diajarkan dalam Alquran.

"Berisi pandangan tiga ulama, dari tiga negara tentang perdamaian. Bogor Ulema Declaration of Peace' juga menjadi catatan dukungan sejarah untuk kontribusi ulama bagi perdamaian, karena itu Bogor Ulema Declaration of Peace' sangat bermakna bagi seluruh umat Islam dalam upaya menciptakan perdamaian dn stabilitas khusunya di Afganistan," pungkas JK.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini