Share

PAN Pertanyakan Alasan Aktivis 98 Sebut Amien Rais Pengkhianat Reformasi

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 08 Mei 2018 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 08 337 1895984 pan-pertanyakan-alasan-aktivis-98-sebut-amien-rais-pengkhianat-reformasi-wI3tFIOHaD.jpg Amien Rais (foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mempertanyakan alasan dari aktivis 1998 yang menuding Amien Rais sebagai pengkhianat reformasi. Pasalnya, partai berlambang matahari putih itu menilai pernyataan tersebut tidak mendasar.

"Saya juga enggak tahu apa yang melatarbelakangi, apa yang disampaikan itu. Jadi saya ingin mengetahui apa dasar pertimbangan yang dijadikan menyatakan hal tersebut," kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Amien Rais Angkat Bicara Soal Uang Rp600 Juta yang Disebut Jaksa KPK

(Baca Juga: Amien Rais Sering Kritik Pemerintah, Moeldoko Ingin Bertemu)

Pernyataan Amien Rais pengkhianat reformasi itu sebelumnya dilontarkan oleh Sri Bintang Pamungkas dalam sebuah diskusi kemarin. Hal ini menjadi menarik perhatian lantaran, Amien Rais selama ini dikenal salah satu tokoh Reformasi.

Selain itu, politikus Partai Gerindra Desmond J Mahesa juga menyebut Amien Rais hal serupa. Menurutnya, Amien Rais telah gagal menjadi tokoh reformasi lantaran menyetujui amandemen UUD 1945.

Eddy menekankan, sosok Amien Rais merupakan aktor utama dibalik tercetusnya peristiwa Reformasi di Indonesia. Dia menyatakan, proses demokrasi saat ini dapat dirasakan akibat kerja keras Amien Rais saat itu.

(Baca Juga: Amien Rais: Pengajian Harus Disisipkan Politik )

"Tapi kalau tudak ada reformasi yang dimotori pak Amien Rais, kita tidak bisa melihat era keterbukaan era demokrasi seperti ini, tidak akan ada pilkada langsung pemilu langsung seperti ini, tidak ada," papar Eddy.

"Kalau tidak ada Pak Amien Rais selaku lokomotif reformasi, rasanya kehidupan bebas berdemokrasi saat ini tidak bisa kita rasakan," ucap Eddy menambahkan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini