nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diam-Diam, Polri Sudah Periksa Sukmawati Soekarnoputri

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 16:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 07 337 1895447 diam-diam-polri-sudah-periksa-sukmawati-soekarnoputri-rgsKLmt6Yr.jpg Sukmawati Soekarnoputri (foto: Okezone)

JAKARTA - Secara diam-diam ternyata penyidik Bareskrim Polri sudah melakukan pemeriksaan terhadap Sukmawati Soekarnoputri terkait penyelidikan kasus puisi 'Ibu Indonesia' yang disebut beberapa pihak mengandung penghinaan dan penodaan terhadap agama Islam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto saat menghadiri acara Rakernis Teknis Direktorat Tindak Pidana Narkoba di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Senin (7/5/2018).

Sambangi Kantor MUI, Sukmawati Soekarnoputri Cium Tangan Ketua MUI

(Baca Juga: Polri Janji Profesional Tangani Kasus Puisi 'Ibu Indonesia' Sukmawati)

"Sudah (diperiksa). Kalau tidak salah sudah," kata Ari saat ditemui di sela-sela acara tersebut.

Jenderal polisi dengan pangkat bintang tiga itu tak menjawab secara lugas saat ditanya kapan agenda pemeriksaan tersebut berlangsung. Dirinya meminta hal itu ditanyakan kepada penyidik.

"Nanti tanya sama penyidik (terkait pemeriksaan)" tutur Ari.

Ari mengatakan pihaknya juga masih terus mendalami seluruh laporan polisi terkait puisi Sukmawati. Bahkan untuk pelaporan yang ada di daerah kini sudah ditarik ke Bareskrim Polri. Setidaknya, 19 laporan yang diterima polisi.

"Proses penarikannya sudah. Sudah diminta kemajuan dari masing-masing wilayah yang menerima laporan pengaduan kemudian dianalisa dan ditarik dijadikan satu perkaranya karena locusnya," ungkap dia.

(Baca Juga: Polri Pastikan Penyelidikan Kasus Puisi Sukmawati Soekarnoputri Terus Berjalan)

Kasus ini bermula saat, karya seni Puisi dari Sukmawati yang berjudul 'Ibu Indonesia' menuai kontroversi. Puisi karyanya sendiri yang dibacakan Sukmawati di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 itu menyinggung soal azan dan cadar.

Beberapa elemen masyarakat mempolisikan Sukmawati atas puisinya itu. Namun, Sukmawati sendiri telah meminta maaf apabila hasil karyanya itu menimbulkan persepsi beragam di masyarakat.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini