nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pansel Buka Pendaftaran Calon Hakim MK Pengganti Maria Farida

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 02 Mei 2018 16:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 02 337 1893673 pansel-buka-pendaftaran-calon-hakim-mk-pengganti-maria-farida-TfciR1gqsT.jpg Pansel Hakim MK Zainal Arifin (Foto: Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Panitia seleksi (Pansel) akan mencari satu nama calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Calon ini akan menggantikan posisi Hakim Maria Farida yang habis masa jabatannya pada 13 Agustus 2018.

"Intinya yang dicari satu orang karena menggantinya satu orang, calonnya bisa banyak," anggota Pansel Calon Hakim MK Zainal Arifin Mochtar dalam jumpa pers di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Zaenal mengatakan, saat ini Pansel akan membuka seluas-luasnya bagi pihak yang ingin mendaftarkan diri. Baik mendaftar secara perseorangan maupun organisasi atau perkumpulan.

Selain itu, bagi calon perorangan dapat mendaftar secara personal ke Kementerian Sekretariat Negara (Setneg). Sedangkan bagi organisasi, atau perkumpulan, dan kelompok masyarakat bisa mendaftarkan orang yang dianggap baik dan memenuhi kriteria sebagai calon hakim MK.

"Tetapi tentu atas persetujuan orang yang didaftarkan tersebut," ucap dia.

Syarat yang harus dipenuhi para calon, lanjut dia, secara garis besar tercantum dalam Undang-Undang MK. Adapula, syarat-syarat yang ditentukan tim panitia, antara lain surat pernyataan kesediaan calon serta menyerahkan laporan LHKPN.

Ketua Pansel Calon Hakim MK, Harjono mengatakan pansel meminta partisipasi semua pihak, termasuk media massa untuk mendapatkan satu hakim MK yang terbaik. Sebab, tidak menutup kemungkinan media massa punya informasi-informasi tentang calon-calon yang mendaftar.

"Kita akan buka tanggapan masyarakat terhadap calon-calon itu. Sehingga harapan kita akan mendapatkan yang terbaik untuk menjaga eksistensi MK, maka kita bisa sampaikan informasi-informasi yang bermanfaat untuk lolos tidaknya calon-calon itu dalam seleksi ini," tutupnya.

(Ari)

Berita Terkait

Seleksi Hakim MK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini