nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDIP Berharap Buruh Tak Berafiliasi dengan Parpol

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 02 Mei 2018 07:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 02 337 1893435 pdip-berharap-buruh-tak-berafiliasi-dengan-parpol-0menpKzf72.jpg Demo buruh 1 Mei 2018 di Jakarta. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Elemen buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2019.

Dukungan dari KSPI yang dikomandoi Said Iqbal itu dinyatakan saat perayaan Hari Buruh 1 Mei 2018 di Istora Senayan. Pada kesempatan itu, KSPI dan Prabowo juga menandatangani 10 tuntutan buruh.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno berharap perjuangan buruh masih murni untuk membela haknya. Menurutnya, perjuangan kelas pekerja akan menjadi sia-sia apabila berafiliasi dengan kelompok politik manapun.

Hendrawan menekankan, sangat disayangkan apabila perjuangan serikat pekerja menyampaikan aspirasi, yang intinya baik, ditumpangi oleh provokasi politik yang partisan.

"Saya berharap serikat pekerja tidak terkotak-kotak karena pimpinannya berafiliasi dengan calon atau tokoh tertentu," kata Hendrawan kepada Okezone, Jakarta, Selasa (1/5/2018).

(Baca Juga: DPR: Buruh Jangan Mau Dijadikan Alat Politik Praktis)

Hendrawan menilai, ideologis pergerakan buruh harus tetap konsisten memperjuangkan hak dari kelas pekerja saat ini. Dia menyebut, perjuangan itu jangan iacak-acak dengan kesenangan sesaat dari gerakan politik praktis.

"Mudah-mudahan batang tubuh serikat pekerja tetap kokoh, tidak mudah diombang-ambingkan oleh oportunisme pimpinannya," tutur Hendrawan.

"Yang diperjuangkan serikat pekerja adalah cita-cita, platform industrialisasi yang inklusif, bukan rebutan kekuasaan yang sering diwarnai janji imajiner dan ilusif," ucap Hendrawan.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini