nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertemuan Bersejarah Pemimpin Korut dan Korsel, Wiranto: Ini Harus Disyukuri!

ant, Jurnalis · Minggu 29 April 2018 00:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 28 337 1892493 pertemuan-bersejarah-pemimpin-korut-dan-korsel-wiranto-ini-harus-disyukuri-GaAAUXgBv3.jpg Kim Jong-Un bertemu Moon Jae-in. (Foto: Reuters)

SINGAPURA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menganggap pertemuan antara pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan yakni Kim Jong-Un dan Moon Jae-in sebagai momentum positif yang harus disyukuri.

"Ini harus disyukuri karena merupakan satu momentum yang positif," kata Menteri Wiranto di sela-sela acara KTT ke-32 ASEAN yang digelar di Hotel Shangri-La Singapura, Sabtu 28 April 2018.

Wiranto berharap setelah pertemuan dua pimpinan itu, suatu saat akan ada pertemuan antara pemimpin Korea Utara dengan Presiden AS Donald Trump. Dari langkah itu kata dia, kemudian diharapkan menghasilkan sesuatu yang penting yang dapat meyakinkan negara-negara di seluruh dunia bahwa bahaya nuklir telah dapat dinetralisir.

Momen Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae-in Jalan Bergandengan

"Itulah harapan kita, tapi itu harus kita syukuri karena kita dulu khawatir itu akan menjadi ancaman dunia yang dahsyat paling tidak bisa terhindarkan dengan komitmen-komitmen beberapa negara yang mendesak Korea Utara untuk bersikap lebih lunak," katanya.

(Baca juga: Pemimpin Korsel dan Korut Bergandengan, Awali KTT Antar-Korea Bersejarah)

Dengan pertemuan dua pemimpin Korea yang dilakukan di daerah perbatasan kedua negara itu, menurut Wiranto, menjadi peristiwa yang menuntun pada harapan semua pihak akan perdamaian dunia yang lebih baik.

Momen Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae-in Jalan Bergandengan

Pada Jumat (27/4) digelar pertemuan antara pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara. Kim Jong-Un tercatat menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang datang ke Korea Selatan setelah lebih dari 50 tahun berlalu.

Sementara Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menyambut kedatangan Kim Jong Un di Garis Demarkasi Militer atau Demilitarized Zone (DMZ).

Keduanya bergandengan tangan saat berjalan di karpet merah menuju Peace House atau Gedung Perdamaian di Panmumjom.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini