nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Musisi Top Tanah Air yang Besar dari Jalanan

Amril Amarullah, Jurnalis · Sabtu 28 April 2018 12:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 27 337 1892286 7-musisi-top-tanah-air-yang-besar-dari-jalanan-0nYhoGVlH8.jpg Iwan Fals (Foto: Okezone)

MERAIH mimpi dan sukses tidak melulu melalui jenjang pendidikan setinggi langit. Sebab, niat dan kerja keras, serta doa pun ikut menentukan. Bahkan, bakat saja tak cukup tanpa diiringi latihan. Setidaknya itu pedoman yang dipegang para musisi top Tanah Air yang memulai karirnya dari jalanan dengan menjadi pengamen.

Dari sekian nama musisi beken, Okezone merangkumnya dari berbagai sumber dalam beberapa nama:

1. Iwan Fals

Siapa tak kenal musisi lawas ini? Tentu hampir semuanya mengenai alunan nada yang dinyanyikan ayah dari almarhum Galang Rambu Anarki itu. Iwan Fals dalam lagunya kerap mengangkat isu-isu sosial dan terdengar lantang dari tiap bait liriknya.

Hampir semua lagu yang dibawakan pria bernama asil Virgiawan Listanto itu sudah familiar di telinga, sebut saja Bento; Ethiopia, Wakil Rakyat, Siang Seberang Istana, dan sederet lagu lainnya.

Saat usianya 13 tahun, Iwan memang kerap mengasah bakatnya dengan mengamen jalanan di Bandung dengan bermodalkan gitar lusuhnya. Hingga pria kelahiran Jakarta pada 3 September 1961 itu ditawarkan masuk dapur rekaman dan lagunya meledak di pasaran hingga sekarang. Ia pun menjadi legenda hidup musisi Tanah Air dan penggemar fanatiknya kerap menyebut dirinya OI (Orang Indonesia).

2. Slank

Grup musik yang digawangi Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim ini memiliki perjalanan karir yang cukup panjang. Bahkan, sebelum tercetus nama Slank, grup musik yang kerap membawakan lagu-lagu Rolling Stone itu menopang nama Red Evil.

Namun, seiring waktu Bim-Bim mengusulkan pergantian namanya pada 1983, dan kemudian lahirnya Slank yang berasal dari kata Slengean. Slank merupakan grup musik yang mengawali karirnya dari bawah dan kerap mengamen di jalanan hingga panggung ke panggung.

Gonta-ganti personel pun kerap mendera Slank. Seiring waktu berjalan, nama mereka mulai dikenal ketika merilis album Suit..Suit..He..He.. pada 1990. Slank kian hari kian besar dan menjadi salah satu grup band dengan penggemar terbesar di Tanah Air, yang biasa disebut Slankers.

Kini personel tetap Slank adalah Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim pada drum, Akhadi Wira Satriaji alias Kaka pada vokal, Mohammad Ridho Hafiedz pegang gitar., Abdi Negara Nurdin pegang gitar, dan Ivan Kurniawan Arifin pegang bass.

3. Tegar Septian

Beken lewat media sosial kenapa tidak! Setidaknya itu yang dialami Tegar, penyanyi top satu ini boleh dikatakan beruntung karena ketenarannya memuncak saat ada seseorang yang memviralkan aksinya di jejaring sosial berbagi video YouTube.

Waktu itu, dia asik 'ngamen' di daerah Cikampek, Kopo dan Subang. Tertarik dengan suaranya melalui video Youtube itu, seorang produser mencari dan berhasil mengajaknya manggung di sejumlah stasion televisi. Salah satu tembang Tegar yang hits adalah 'Aku yang Dulu Bukanlah yang Sekarang'.

 

Bakat Tegar memang sudah terlihat saat dirinya masih berusia 5 tahun. Berlatar dari keluarga ekonomi kurang baik membuat Tegar harus berjuang di jalanan sejak usia 7 tahun. Bakat bermusik dan suara yang khas itu pun berhasil mengantarkannya ke puncak kesuksesan.

4. Mbah Surip

Musisi nyentrik ini terbilang fenomenal. Lewat lagunya 'Tak Gendong' ia berhasil merebut hati para penikmat musik Tanah Air. Lagunya hampir didendangkan semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa.

Sebelum terkenal lewat lagu Tak Gendong, Mbah Surip sempat jatuh bangun dalam karirnya. Dia pernah jadi penjual es lilin, tukang sobek karcis bioskop hingga merantau dari Mojokerto ke Jakarta untuk menjadi pengamen. Namun, kerja kerasnya itu berhasil mengantarkannya kepada kesuksesan.

Sayangnya, ketika Mbah Surip berada di puncak popularitasnya, beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada Agustus 2009.

5. Klantink

Sekelompok pengamen jalanan asal Kota Surabaya yang sukses setelah memenangkan ajang pemilihan Indonesia Mencari Bakat. Beranggotakan Cak Mat, Ndowe, Lukin dan Alm Budi mengawali karirnya dengan mengamen di bus-bus kota setiap harinya.

Nasib berkata lain, mereka mencapai puncak karirnya dan ngetop tatkala memenangkan kontes Indonesia Mencari Bakat season 1. Sejak saat itu, mereka mulai dikenal publik dan sempat mengeluarkan album.

6. Aris Idol

Bernama asli Januarisman, mantan pengamen KRL Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi itu meraih pemenang Indonesian Idol tahun 2008. Awalnya, Aris iseng mengikuti audisi Indonesian Idol, namun siapa sangka suaranya yang khas membawanya menjadi juara satu.