Hari Otonomi Daerah ke-22, Sejumlah Daerah Terima Penghargaan dari Presiden

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 25 April 2018 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 25 337 1891306 hari-otonomi-daerah-ke-22-sejumlah-daerah-terima-penghargaan-dari-presiden-uaJvyE4cOu.jpg Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperingati Hari Otonomi Daerah ke-22 dengan memberikan tanda kehormatan kepada sejumlah daerah.

Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24/TK dan Nomor 25/TK Tahun 2018, Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, serta Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, kepada sejumlah daerah yang memiliki kinerja baik selama tiga tahun berturut-turut.

Pemberian penghargaan kepada pimpinan daerah dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla mewakili Presiden Joko Widodo, dan disaksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tjahjo mengatakan, penghargaan ini rutin diberikan pemerintah dalam rangka memberikan penilaian.

"Yang memecahkan rekor enam tahun berturut-turut itu adalah Jatim. Dan selanjutnya daerah-daerah lain," katanya di Kemendagri, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Sementara itu, Wapres JK mengucapkan selamat kepada daerah-daerah yang meraih penghargaan. Menurut dia, penghargaan ini sangat penting diberikan sebagai ganjaran prestasi yang telah dilakukan pemerintah daerah.

"Sekaligus untuk menjadi contoh (untuk daerah lainnya)," ucap Kalla.

JK pun berharap pelaksanaan otonomi daerah semakin baik dari hari ke hari. Meskipun mendapat penghargaan, ia meminta agar evaluasi terus dilakukan agar prestasinya tidak menurun.

"Kita mesti adakan evaluasi-evaluasi agar keberhasilan tetap berjalan," jelasnya.

Tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha (kinerja tertinggi) diberikan terhadap dua daerah, yaitu Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Kudus.

Sementara, tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha (kepala daerah terbaik) diberikan terhadap tujuh kepala daerah yakni:

1. Bupati Malang, Rendra Kresna

2. Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf

3. Bupati Kuningan, Acep Purnama

4. Bupati Bulukumba, Sukri A Sappewali

5. Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi

6. Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah

7. Walikota Parepare, Taufan Pawe

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini