nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kartini

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 25 April 2018 08:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 25 337 1891154 jokowi-jadi-inspektur-upacara-peringatan-hari-kartini-p4GEgwkxVK.jpg Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kartini di Monas (Foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur Upacara Apel Bersama Wanita TNI, Polwan dan segenap wanita komponen bangsa di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018). Hal tersebut juga sekaligus memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April.

Selain presiden, di lokasi juga tampak kehadiran Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan bersenjata, dan juga Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Lapor apel siap dilaksanakan dan pasukan siap diperiksa," ujar komandan apel Kolonel CHK Kowad Dr Teti Melina kepada Irup Upacara Presiden Joko Widodo di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, dirinya menyampaikan selamat Hari Kartini untuk korps wanita TNI dan Polri. Ia mengapresiasi pengorbananan yang mereka lakukan untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa.

"Pada kesempatan ini saya ingun menyampaikan selamat memperangati Hari Kartini arti buat wanita korps TNI dan Polri, yang berani, yang memilih profesi ini penuh dengan pengabdian. Saya juga ingin sampaikan kepada saudari semua, terimakaaih kontribusi dalam menjaga keamanan negara," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, ada ciri khas yang dimiliki seorang wanita ketika menjalankan tugas, yaitu mereka terlihat lembut tapi tetap tegas dalam menegakkan aturan. Ia mengakui kalau peran dari perempuan sangat dibutuhkan untuk menjaga ketahanan negara.

"Dalam berbagai kesempatan, benar benar terampil, dan bisa dalam situasi sulit menjadi tenang dan terkendali, itulah kelebihan perempuan. Lembut tapi tegas," ujarnya.

Lebih dari itu, Kepala Negara salut dengan kehadiran barisan wanita di dalam lembaga negara. Dirinya pun mengajak untuk tak pernah lelah menjaga negara dari berbagai hal yang mengancam ketahanan negara.

"Saya mengajak sodari semua untuk terus meneruskan perjuangan Kartini, semangat juang untuk membangun keadilan, semangat juang kepetingan masyarakat di atas pribadi," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini