nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Nama-Nama Pansel Pengganti Hakim Maria Farida

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 24 April 2018 15:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 24 337 1890860 ini-nama-nama-pansel-pengganti-hakim-maria-farida-s3x4CRpkVm.jpg Hakim MK Maria (foto: Sindo)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 71/P Tahun 2018 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Presiden untuk membentuk Panitia Seleksi (Pansel) pengganti hakim konstitusi Maria Farida Indrati yang akan pensiun pada Agustus 2018 mendatang.

Berdasarkan ketentuan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 24 tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai mana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2011 bahwa hakim konstitusi berjumlah sembilan orang yang terdiri dari tiga orang yang diajukan oleh Mahkamah Agung (MA), tiga orang lain oleh DPR, dan tiga orang oleh Presiden.

Adapun tiga hakim konstitusi yang mewakili pemerintah itu adalah Maria Farida Indrati, I Dewa Gede Palguna, dan Saldi Isra. Sementara itu, hakim konstitusi Maria Farida diketahui akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 13 Agustus 2018 mendatang.

"Sehingga perlu disiapkan calon penggantinya," kata ASDEP Humas Kemensetneg Masrokhan dalam keterangannya, Selasa (24/4/2018).

 Hakim MK Maria

(Baca juga: Jokowi Teken Keppres Pembentukan Pansel Pengganti Hakim Maria Farida)

Berdasarkan Pasal 19 dan Pasal 20 ayat (2) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011, yang mengatur pencalonan hakim konstitusi yang akan dilaksanakan secara transparan dan partisipatif, dan pemilihan hakim konstitusi dilaksanakan secara obyektif dan akuntabel.

Presiden Jokowi telah menunjuk Harjono sebagai Ketua Pansel pengganti hakim konstitusi Maria Farida. Sementara jabatan sekretaris diisi Cecep Sutiawan, dan anggota Pansel yakni Maruarar Siahaan, Sukma Violetta, Zainal Arifin Mochtar, Mas Achmad Santosa.

"Panitia seleksi bertugas mengumumkan penerimaan dan melakukan pendaftaran calon hakim konstitusi yang diajukan oleh Presiden dan mengumumkan kepada masyarakat mengenai calon hakim konstitusi yang diajukan oleh Presiden untuk mendapatkan tanggapan dan masukan," ujar Masrokhan.

 Hakim MK Maria

Selain itu, Pansel hakim konstitusi pengganti Maria Farida juga bertugas dalam menyeleksi dan menentukan nama calon hakim jonstitusi yang diajukan oleh Presiden, dan menyampaikan kepada Kepala Negara.

"Panitia seleksi diharapkan dapat melaksanakan tugasnya secara transparan, parsitipatif, objektif, dan akuntabel sehingga dapat menghasilkan calon hakim konstitusi yang kredibel. Calon hakim konstitusi hasil seleksi oleh Pansel diharapkan dapat disampaikan kepada Presiden selambat-lambatnya pada akhir bulan Juli 2018," tandasnya.

(wal)

Berita Terkait

MK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini