nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istri Kapolri: Polwan Tidak Kalah dari Polisi Laki-Laki!

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 20 April 2018 16:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 20 337 1889381 istri-kapolri-polwan-tidak-kalah-dari-polisi-laki-laki-RIMj97KqXO.jpg Istri Kapolri, Tri Tito Karnavian (Foto: Rizky/Okezone)

JAKARTA - Istri Kapolri Jendral Tito Karnavian, Tri Suswati turut hadir dalam acara The First Asia Pacific Military Women Seminar 2018 bertajuk 'Enhancing and empowering the role of women in the military in global peace, defense and security' di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Pusat, Jumat, (20/4/2018).

Tri yang juga Ketua Bhayangkari Polri itu mengungkapkan, acara yang melibatkan dan mengumpulkan military women dari sejumlah negara se-Asia Pasifik itu harus diapresiasi dan harus terus didorong, sebab Ia mengatakan banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan tersebut.

"Kita dukung karena banyak manfaatnya untuk isu kesetaraan gender yaitu kesempatan yang sama dalam pendidikan, pekerjaan yang merupakan perjuangan dari ibu kartini," tuturnya.

Indonesia, kata Tri, selalu turut aktif dalam isu kesetaraan gender di PBB hal itu dibuktikan dengan kehadiran perwakilan kita dari menteri, dan bhayangkari juga termasuk kontingen di sana dan sudah dua tahun hadir ikut perjuangkan kesetaraan perempuan di Indonesia.

Saat ini dirinya mengungkapkan, Para perempuan Indonesia sudah diberi kesempatan oleh pemerintah untuk sama dalam kesempatan pendidikan. Untuk itu gunakan kesempatan itu dengan meningkatkan kualitas diri dengan pendidikan dan melalui kinerja kita.

"Walaupun kita bukan wanita karir hanya ibu rumah tangga kita bisa melakukan banyak hal di sekeliling kita, kita bisa berguna bagi orang lain tidak harus besar cukup disekeliling kita kalo tidak ada keadilan kita bisa bersama sama memperjuangkan, gunakan kesempatan itu raih," tuturnya.

(Baca Juga: Tentara Wanita dari 22 Negara Siap Berbagi Pengalaman di Indonesia)

Tri mengaku telah membuktikan itu di institusi polri dengan memperjuangkan para polwan. Menurutnya polwan juga memiliki kemampuan yang tak kalah dibandingkan dengan polisi laki-laki.

"Saya sudah membuktikan kepada para polisi laki-laki bahwa mereka (polwan) tidak kalah hebat, yaitu dengan mengirim mereka polwan ke Gunung Cartenz disana ada 24 polwan bisa mencapai puncak tertinggi yang belum dilakukan polisi laki-laki," ungkapnya.

Dan saat ini juga tambahnya polwan dipilih UN untuk menjadi polisi penjaga perdamaian yaitu sebanyak 24 orang mereka adalah pasukan taktikal sama dengan laki laki dalam menjaga perdamaian.

"Mereka (polwan) juga kalau ada kegiatan yang bersifat adu fisik dan senjata tidak kalah kuat dengan laki-laki," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini