nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpora Ingin Asian Games 2018 Jadi Alat Pemersatu Bangsa

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 18 April 2018 22:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 18 337 1888533 menpora-ingin-asian-games-2018-jadi-alat-pemersatu-bangsa-nO4xxTvygO.jpg Menpora Imam Nahrawi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menginginkan agar perhelatan Asian Games 2018 menjadi alat pemersatu bangsa. Menurut dia, pesta akbar olahraga terbesar di Asia itu menjadi momentum pemersatu saat adanya Pilkada serentak 2018.

"Yang Presiden harapkan kepada kita semua warga bangsa momentum ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tidak mudah menjadi tuan rumah Asian Games. Karenanya seluruh lapisan masyarakat menjadikan Asian Games sebagai pemersatu kita, disaat sekarang kita ada Pilkada dan sebagaimana maka Asian Games inilah yang menyatukan itu," kata Iman di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4/2018).

Imam meminta, Indonesia Asian Games 2018 Organizing Comittee (INASGOC) atau panita pelaksana Asian Games dapat melibatkan pelajar, jamaah masjid, hingga jemaat gereja dan pemeluk agama lainnya untuk mendoakan agar jalannya Asian Games dan Asian Para Games dapat berlangsung sukses.

 (Baca: Jokowi Minta Persiapan Asian Games 2018 Dimatangkan )

"Ini jadi hajat Indonesia bukan hanya Jakarta, Palembang dan Jawa Barat saja," urainya.

Politisi PKB itu memastikan, bahwa pembangunan infrastruktur untuk pelaksanaan Asian Games telah rampung dikerjakan. Selain itu, venue dan non venue dalam melaksanakan pesta olahraga itu juga akan siap dalam mensukseskan Asian Games tersebut.

 Imam Nahrawi bersama Erick Thohir

(Menpora Imam Nahrawi bersama Ketua Inasgoc Erick Tohir dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto: Antara)

"Terkejar. Sudah terkejar semuanya," pungkas Imam.

Ia belum dapat memastikan apakah saat Asian Games diberlakukan sistem ganjil-genap di jalan tol. "Saya kira itu jadi opsi nanti, akan diputuskan berikutnya," singkatnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 dilakukan secara matang dalam Rapat Terbatas (Ratas) kesembilan yang membahas 'Perkembagan Persiapan Asian Games XVIII Tahun 2018'.

(Baca juga: Jokowi Minta Promosi Asian Games Ditingkatkan)

Kepala Negara ingin sisa waktu pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia yang akan berlangsung 18 Agustus 2018 itu dapat memastikan seluruh kebutuhan infrastruktur, dan vanue olahraga dapat dipersiapkan dengan baik.

"Saya ingin mendengar pada rapat terbatas kali ini laporan terkait infrastruktur, venue, dan non venue dan persiapan teknis pelaksanaan mulai dari kira-kira pembukaan seperti apa, dan pertandingan seperti apa dan penutupannya seperti apa," kata Jokowi di Ruang Garuda, Istana Bogor.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini