Bagikan Sembako, PDIP: Jokowi Jalankan Ideologi Pancasila

Taufik Fajar, Okezone · Selasa 10 April 2018 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 337 1884804 bagikan-sembako-pdip-jokowi-jalankan-ideologi-pancasila-ze7gyAGfBo.jpg Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan, pembagian sembako yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerjanya ke Sukabumi, Jawa Barat merupakan bentuk menjalankan ideologi Pancasila pada sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Ya dalam konteks ini, Presiden kan menjalankan ideologi Pancasila, sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Merupakan bagian dari tugas sebagai kepala pemerintahan untuk menyatakan komitmennya kepada rakyat," kata Hasto di DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Pernyataan Hasto sekaligus menanggapi kritik yang menyebut pembagian sembako oleh Jokowi dianggap sedang melakukan kampanye.

(Baca Juga: KSP: Pelibatan TNI-Polri Bagikan Sembako Jokowi untuk Ketertiban Saja)

Hasto menjelaskan, dalam konstitusi itu, fakir miskin, anak terlantar dibiayai oleh negara. Apalagi masyarakat mendapatkan sentuhan langsung dari Jokowi. Menurutnya, karakter kepemimpinan Jokowi itu adalah turun bersama dengan rakyat.

"Jadi, kegiatan itu, bukan kampanye, karena calon wakil presiden Pak Jokowi aja belum ditetapkan," pungkasnya.

Pembagian sembako yang melibatkan aparat juga menuai kritik. Namun, sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan, bahwa pelibatan TNI-Polri hanya untuk kepentingan menjaga ketertiban.

"Itu sebetulnya untuk ketertiban saja, seringkan kejadian membagikan sembako ada yang pingsan, ada yang meninggal, sebenarnya mereka dilibatkan agar tertib itu aja, enggak ada tujuan lain," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin 9 April 2018.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini