Bamsoet Soroti 66,3 Juta Warga Tak Terlindungi BPJS Kesehatan

Bayu Septianto, Okezone · Selasa 10 April 2018 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 337 1884709 bamsoet-soroti-66-3-juta-warga-tak-terlindungi-bpjs-kesehatan-fOrvWS46H8.jpg Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyoroti masih banyaknya warga yang tidak terlindungi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Berdasarkan data yang diperolehnya per 23 Maret 2018, ada 66,3 juta warga tak terdaftar BPJS Kesehatan.

“Berdasarkan data per 23 Maret 2018, masih ada 66,3 juta warga yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan,” ujar Bamsoet kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Ia pun meminta pemerintah untuk semakin gencar sosialisasi BPJS Kesehatan. Melalui Kementerian Kesehatan, sambungnya, pemerintah harus melakukan kerja ekstra agar seluruh warga bisa terdaftar di BPJS Kesehatan.

“Mendorong Kementerian Kesehatan agar memberikan sosialisasi dan proaktif mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam program BPJS Kesehatan,” katanya.

(Ilustrasi pasien BPJS Kesehatan)

Bamsoet berharap, dengan adanya sosialisasi itu, masyarakat bisa semakin menyadari betapa pentingnya program BPJS Kesehatan.

“Karena tujuan program pemerintah lewat BPJS Kesehatan adalah meringankan beban masyarakat dalam menghadapi musibah yang disebabkan oleh penyakit atau pun kondisi alam,” katanya.

Politikus Golkar itu menambahkan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM) BPJS Kesehatan juga harus ditingkatkan. Kepada mereka yang melakukan penyimpangan, pihaknya meminta untuk ditindak tegas karena itu sangat merugikan masyarakat.

“Tindak tegas atau pecat oknum SDM yang melakukan penyimpangan yang berdampak kepada kerugian masyarakat,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini