nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KSP: Pelibatan TNI-Polri Bagikan Sembako Jokowi untuk Ketertiban Saja

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 09 April 2018 20:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 09 337 1884325 ksp-pelibatan-tni-polri-bagikan-sembako-jokowi-untuk-ketertiban-saja-TjwbTcQpO1.jpeg Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, bahwa dilibatkannya TNI dan Polri untuk membagikan sembako dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerjanya ke Sukabumi, Jawa Barat dilakukan guna menjaga ketertiban.

Sebelumnya, pelibatan TNI-Polri dalam membagi-bagikan sembako dari Presiden Jokowi menuai kritik lantaran dinilai tidak etis.

"Itu sebetulnya untuk ketertiban saja, seringkan kejadian membagikan sembako ada yang pingsan, ada yang meninggal, sebenarnya mereka dilibatkan agar tertib itu aja, enggak ada tujuan lain," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, bahwa sembako dari Presiden Jokowi berasal dari anggaran bantuan Presiden. Aksi bagi-bagi sembako ini juga telah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya.

"Bisa dipertanggungjawabkan dan itu terjadi sebelumnya, konteksnya sama persis," ujar Moeldoko.

 

Moeldoko membantah, bila terdapat hadiah uang dari isi sembako tersebut. Apalagi bagi-bagi sembako itu dilakukan untuk kampanye di Pilpres 2019. Pembagian sembako ala Jokowi ini memang dilakukan dengan metode yang berbeda dari pemerintahan sebelumnya.

"Nggak ada upaya ke situ. Kita bicarakan ini aspek legal, metode di mana, semua dalam rangka bagaimana semua berjalan tertib, (jadi) pakai kupon juga kita bicarakan," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini