nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Doni Monardo Jadi Sesjen Wantannas, Wiranto Ingin Program Bela Negara Segera Disusun

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 13:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 06 337 1883023 doni-monardo-jadi-sesjen-wantannas-wiranto-ingin-program-bela-negara-segera-disusun-M1SH1HJQTf.jpg Menko Polhukam Wiranto resmi lantik Doni Monardo Jadi Sesjen Dewan Ketahanan Nasional (Foto: Humas Kemenko Polhukam)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto resmi melantik Mayjen TNI Doni Monardo menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Wiranto pun berharap, Wantannas segera menyusun program bela negara secara nasional dan dapat diterima di masyarakat.

"Wantannas diharapkan dapat menyusun suatu blue print program bela negara secara nasional dan dijabarkan dalam modul-modul khusus yang bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat," ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jumat (6/4/2018).

Menurut Wiranto, tugas pokok dari organisasi Wantannas yakni membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan strategis dan memberikan rekomendasi saran tindak yang relevan serta mutakhir dalam hal pembinaan ketahanan nasional.

"Dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut, Wantannas berpijak pada tiga pilar kegiatan strategis yang secara berlanjut dan simultan terus dilaksanakan," jelas Mantan Panglima ABRI itu.

(Baca Juga: Jokowi Angkat Mayjen Doni Monardo Jadi Sesjen Wantannas)

Ketiga pilar tersebut adalah merumuskan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan, kedua menyusun perkiraan resiko pembangunan nasional yang di hadapi. "Ketiga merumuskan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka merehabilitasi akibat resiko pembangunan," tambah Wiranto.

Menko Polhukam juga mengungkapkan bahwa di masa depan dengan semakin berkembangnya dinamika tantangan dan ancaman terhadap keutuhan bangsa dan kedaulatan negara, tugas Wantannas akan semakin berat.

"Saya berharap organisasi Wantannas harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi aktual penugasan dalam rangka penguatan bela negara. Sesuai dengan nawacita bapak Presiden yang ingin mewujudkan percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur untuk memperkuat konektivitas dan menghilangkan sekat-sekat antar wilayah," jelasnya.

Untuk itu kedepannya, Wantannas dapat memberikan rekomendasi strategis yang bisa dirumuskan secara lebih aplikatif guna mendorong percepatan pembangunan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini