IDI Seharusnya Memberikan Penghargaan, Bukan Pemecatan dokter Terawan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 06 April 2018 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 06 337 1882987 idi-seharusnya-memberikan-penghargaan-bukan-pemecatan-dokter-terawan-iEfbOXgxpc.jpg Wakil Ketua DPR Agus Hermanto

JAKARTA - Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dr Terawan Agus Putranto yang dipecat dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) karena menggunakan metode pengobatan 'cuci otak'.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menilai, dr Terawan ini mempunyai metode praktik cuci otak mengginaka Digital Subatraction Angiography (DSA) agar para pasiennya terhindar dari penyakit stroke.

Karena itu, Agus mengatakan bahwa seharusnya IDI memberikan penghargaan kepada dr Terawan dan bukan malah mengambil langkah untuk memecat sementara justru memberikan hambatan. “Sehingga seharusnya IDI memberikan penghargaan bukan malah memberikan hambatan,” kata Agus di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

(Baca Juga: DPR Bakal Panggil Pihak RSPAD hingga IDI Terkait Dokter Terawan)

(Baca Juga: Prabowo Ceritakan Pengalamannya Diterapi Dokter Terawan hingga Bisa Pidato 5 Jam)

Agus pun mengakui bahwa dirinya pernah menjadi pasien dari dr Terawan. Menurutnya, hasilnya cukup bagus setelah mengikuti terapi cuci otak tersebut. “Saya pun pernah jadi pasiennya dr Terawan dan hasilnya cukup bagus, cukup menggembirakan,” terang Agus.

Agus juga melihat inovasi dr. Terawan merupakan hal yang baik, namun DPR belum pernah menyediakan payung hukum untuk inovasi tersebut. Oleh karenanya, Agus menginginkan IDI yang menyediakan payung hukum. “Tentu kita tau semua payung hukum ada di IDI. Sehingga yang mengatur secara profesional seperti UU Kedokteran ada di IDI,” paparnya.

Seperti diketahui, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) telah menjatuhkan sanksi pemecatan sementara terhadap dokter Terawan karena dinilai telah melakukan pelanggaran kode etik berat, dengan cara menerapkan metode cuci otak untuk pengobatan stroke.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini