DPR 'Sentil' IDI Terkait Pemecatan Dokter Terawan Penemu Terapi 'Cuci Otak'

Badriyanto, Okezone · Kamis 05 April 2018 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 337 1882323 dpr-sentil-idi-terkait-pemecatan-dokter-terawan-penemu-terapi-cuci-otak-75VawsbPFP.jpg Dr. Terawan bersama pasiennya.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono menyayangkan langkah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang memecat sementara Kepala RSPAD Gatot Soebroto Mayjen TNI dokter Terawan Agus Putranto, SpRad. Dokter Terawan dianggap melakukan pelanggaran etik keras, karena menerapkan terapi cuci otak atau brainwash.

Dave mengatakan, fakta di lapangan justru menunjukkan sebaliknya, ia tidak melihat ada pelanggaran sedikitpun yang dilakukan oleh dokter Terawan hingga harus dipecat. Seharusnya cuci otak menggunakan teknologi Digital Subatraction Angiography (DSA) itu patut diapresiasi karena terbukti telah membantu menyembuhkan pasien.

"Itu suatu hal yang amat kami sesalkan karena dokter Terawan sudah terbukti menyelamatkan ribuan jiwa manusia dan dengan cara yang sangat efektif dan degan cara yang sangat cepat," kata Dave saat dihubungi Okezone, Kamis (5/4/2018).

 (Baca Juga: Reaksi Keras Aburizal Bakrie hingga Mahfud MD Atas Pemecatan Dokter Terawan)

Dave kembali menegaskan, praktik yang dilakukan dokter Terawan justru berhasil dan bermanfaat. Bahkan tidak ada catatan pasien yang meninggal akibat terapi cuci otak ala dokter Terawan. Bahkan terapi itu sudah dilakukan sesuai dengan prosedur.

"Kalau dari dokter terawan kita tidak melihat kesalahan apapun, justru dia sudah memanfaatkan dan sudah dijelaskan ada bukti-buktinya bahwa semuanya itu yang dia lakukan sesuai dengan prosedur," pungkas putra politikus senior Golkar Agung Laksono itu.

Sebelumnya, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) telah menjatuhkan sanksi pemecatan sementara terhadap dokter Terawan karena dinilai telah melakukan pelanggaran kode etik berat, dengan cara menerapkan metode cuci otak untuk pengobatan stroke. (muf)

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini