Kabar BJ Habibie Meninggal Dunia, Habibie Center: Jangan Percaya Hoax!

Fiddy Anggriawan , Okezone · Rabu 04 April 2018 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 04 337 1881933 kabar-bj-habibie-meninggal-dunia-habibie-center-jangan-percaya-hoax-skqwMnURHJ.jpg BJ Habibie (foto: Antara)

JAKARTA - Presiden RI Ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie dikabarkan meninggal dunia. Kabar tersebut beredar luas di aplikasi WhatsApp dan media sosial (medsos) pada Rabu (4/4/2018) pagi.

Namun, informasi tersebut langsung dibantah oleh Habibi Center melalui akun resmi Twitternya. Dalam akun @habibiecenter dengan tegas admin akun tersebut menyatakan bahwa informasi mengenai BJ Habibie meninggal dunia adalah hoaks.

(Baca Juga: Kondisi BJ Habibie Membaik Pasca Alami Gangguan Jantung)

"JANGAN percaya HOAX! Dan jangan ikut menyebarkan berita tanpa verifikasi. Berita yg mulai tersebar (lagi) yang mengabarkan Pak BJ Habibie meninggal TIDAK BENAR! Cerdaslah dalam membaca dan membagi berita," tulis @habibiecenter di akun Twitter resminya.


Dalam unggahan tersebut, juga diiringi tagar #indonesialawanhoax, #lawanhoax, dan #cerdasbermedia.

Seperti diketahui, Presiden RI Ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie sempat menjalani perawatan di Klinik Starnberg, Muenchen, Jerman. Informasi yang beredar Habibie mengalami penyakit jantung.

Habibie dirawat akibat dari kebocoran klep jantung sehingga terjadi penumpukan air pada paru-paru hingga 1,5 liter. Hal tersebut, membuatnya terasa sulit atau sesak bernapas. Selain itu tensi Habibie meningkat sampai 180.

Dokter di Muenchen memberikan dua opsi bagi Habibie, yakni segera menjalani operasi Jantung atau menempuh pengobatan/tindakan dengan cara yang lebih canggih.

Menurut informasi yang diperoleh sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, Habibie tidak menghendaki tindakan operasi Jantung, dan lebih memilih operasi dengan metode baru yang lebih canggih.

Sejauh ini, tim dokter telah memasang kateter melalui mulut untuk mengetahui persisnya kebocoran klep Jantung dan untuk menentukan tindakan mana yang lebih tepat untuk ditempuh.

Rubijanto mengatakan Habibie berharap pada pelaksanaan tindakan operasi Jantung di Muenchen disaksikan oleh paling tidak dua dokter spesialis jantung dari Tim Dokter Kepresidenan RI dan seorang personel Paspampres.

(Baca Juga: Operasinya Lancar, BJ Habibie Berterima Kasih atas Doa Rakyat Indonesia)

Habibie menjalani operasi pemasangan MitraClip di jantung dengan lancar. Melalui akun media sosial Habibiecenter, BJ Habibie diwakili keluarga menyampaikan rasa syukurnya serta terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh rakyat Indonesia yang telah mendoakan untuk kesehatannya.

Operasi tersebut dilakukan oleh tim terbaik di Eropa yang terdiri dari Prof.Dr. Krotz, Prof.Dr. Nabauer, Dr Zwermann, Dr. Redwitz, dan enam perawat Starnber, Jerman.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini