5 Negara Terluas di Dunia, Ada yang Besarnya 9 Kali Indonesia!

Annisa Ulva Damayanti, Okezone · Selasa 03 April 2018 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 03 337 1881359 deretan-negara-terluas-di-dunia-ada-yang-besarnya-9-kali-indonesia-ybJnPtmD7x.jpg Bumi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang luas. 17 ribu lebih pulau terdapat dari Sabang sampai Merauke. Lalu bagaimana dengan negara lainnya, apakah ada yang lebih luas dari Indonesia?

Nah, ternyata sebagian besar negara terluas berada di Benua Amerika. Tapi jangan khawatir, predikat negara kepulauan terbesar tetap tersemat pada NKRI.

Berikut ini telah Okezone rangkum lima negara yang memiliki wilayah terluas di dunia:

1. Rusia

Negara yang memiliki nama lengkap Federasi Rusia (Russian Federation) menjadi negara terluas di dunia karena posisinya yang membentang luas di antara dua benua, yaitu Benua Asia (bagian Utara Asia) dan Benua Eropa (bagian Timur Eropa). Rusia memiliki luas wilayah sebesar 17.098.242 kilometer persegi (Km2) atau 9 kali luas wilayah NKRI.

Negara yang terbentuk setelah bubarnya Uni Soviet ini merupakan negara yang berbentuk pemerintahan Federal-Semi Presidensil. Kepala negara yang memimpin Rusia merupakan seorang Presiden sedangkan pemerintahannya dikepalai oleh seorang perdana menteri.

2. Kanada

Kanada menduduki posisi kedua sebagai negara terluas yang ada di dunia. Negara yang dikenal sebagai Dominion of Canada ini terletak di bagian paling Utara benua Amerika dengan wilayah seluas 9.984.670 Km2.

(Baca juga: 10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia)

Negara Kanada adalah sebuah federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dengan pemerintahan yang berbentuk monarki konstitusional. Jika dilihat secara geografis, Kanada digolongkan sebagai negara maju dengan pertumbuhan ekonomi yang bergantung dengan ketersediaan hasil alam yang melimpah.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat yang dijuluki sebagai negara Paman Sam menjadi negara terluas ketiga setelah Rusia dan Kanada. Wilayah nya terbentang seluas 9.826.675 Km2. Negara yang memiliki bentuk pemerintahan republik konstitusional federal ini, terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara yang menjadi lokasi dari 48 negara bagian yang saling bersebelahan.

4. Brazil

Brazil juga tercatat sebagai negara yang memiliki luas wilayah yang cukup besar. Negara yang terletak di Benua Amerika bagian selatan ini menjadi negara terbesar keempat di dunia dengan luas wilayah sebesar 8.514.877 Km2.

(Baca juga: Penelitian Ungkap Luas Gurun Sahara Bertambah Besar dalam 100 Tahun Terakhir)

Negara yang memiliki nama lengkap Republic Federal Brazil (Federative Republic of Brazil) ini merupakan negara bekas koloni Portugal yang juga memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia.

5. Australia

Australia merupakan sebuah negara yang wilayah nya sebesar 7.741.220 Km2. Sebuah negara federal ini terletak di Benua Australia yang berbatasan langsung dengan beberapa negara salah satunya Indonesia.

Australia ternyata sudah jauh ditemukan dan dihuni oleh penduduk aslinya, suku aborigin sejak 40 ribu tahun yang lalu. Sistem pemerinthana yang dianut oleh Australia adalah sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Fedeeral yang mengakui Ratu Inggris sebaga Kepala Negaranya.

Lalu, berada di posisi manakah Indonesia berada?

Dilansir dari Wikipedia, Indonesia ternyata menempati posisi 13 dengan luas wilayah sebesar 1.990.250 Km2. Negara yang terletak di Benua Asia bagian tenggara ini dilalui oleh garis Khatulistiwa dan berada di antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Pasifik. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 buah.

Populasi penduduk Indonesia yang mencapai angka sekitar 263 juta jiwa menjadikan negara kepulauan seperti Indonesia menduduki posisi keempat dengan jumlah penduduk yang banyak setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat. Dengan kondisi yang ada, Indonesia memiliki bentuk pemerintahan republik yang menjadikan DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan sekaligus ekonomi negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini