Share

Jadi Pimpinan MPR, Basarah Berencana Bangkitkan GBHN

Bayu Septianto, Okezone · Senin 26 Maret 2018 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 26 337 1878087 jadi-pimpinan-mpr-basarah-berencana-bangkitkan-gbhn-8w05bgD2in.jpg Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (Foto: Bayu Septianto)

JAKARTA - Wakil Ketua MPR yang baru saja dilantik, Ahmad Basarah yakin dirinya bersama dua pimpinan MPR baru lainnya bisa menjaga kualitas demokrasi dan Pancasila. Sebab, salah satu yang akan dilakukannya adalah menguatkan sosialisasi empat pilar ke masyarakat.

"Mudah-mudahan ke depan kualitas demokrasi kita akan semakin baik, apalagi UU MD3 yang sudah direvisi, ke depan pemenang Pemilu 2019 akan menjadi ketua DPR," ujar Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018).

"Selanjutnya, kami bertiga berharap dapat semakin memperkuat peran MPR yang sangat strategis dalam sistem ketatanegaraan kita dan juga dalam fungsi sosialisasi dan membangun mental ideologi bangsa melalui kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI," lanjutnya.

(Baca Juga: Sandiaga Ucapkan Selamat ke 3 Pimpinan MPR yang Baru Dilantik)

Basarah mengatakan, guna menguatkan sistem ketatanegaraan, ia akan mengajukan kesepakatan dengan presiden, para ketua umum partai politik serta fraksi-fraksi di MPR dan kelompok DPD untuk bisa menghadirkan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN) melalui amandemen terbatas.

"Agar mendapatkan kembali wewenang untuk menyusun dan menetapkan GBHN, sehingga bangsa Indonesia kembali akan memiliki haluan bernegara. Dengan haluan bernegara itu kita harapkan tujuan kita bernegara akan semakin terarah, fokus dan sampai pada tujuannya dengan kerjasama seluruh stakeholders bangsa Indonesia," tuturnya.

Selain GBHN, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP itu juga akan menyinergikan kegiatan sosialisasi empat pilar dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Sehingga, lanjutnya akan ada dua lembaga negara yang bertanggung jawab mesosialisasikan dan membangun ideologi bangsa berdasarkan nilai-nilai pancasila.

"Sinergi antara MPR dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila saya harapkan menjadi peran sinergis ke depan setelah ditambah tiga orang wakil ketua MPR-nya," tukasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini