nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setnov Klaim Banyak Pihak yang Catut Namanya di Proyek E-KTP

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 14:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 22 337 1876482 setnov-klaim-banyak-pihak-yang-catut-namanya-di-proyek-e-ktp-yzvOxGX633.jpg Setya Novanto saat menjalani sidang (Foto: Antara)

JAKARTA - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) mengklaim bahwa namanya banyak dicatut oleh beberapa pihak saat bergulirnya proyek pengadaan e-KTP. Salah satunya, kata dia adalah terdakwa sekaligus pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Hal tersebut disampaikan Setnov dalam sidang lanjutan e-KTP dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (22/3/2018).

"Saya pernah dengar ada yang nasihatin saya hati-hati itu banyak orang pakain nama lu. Antaranya Andi tuh. Saya waktu itu positif saja," kata Setnov menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut KPK.

 (Baca: Setnov Sebut Puan & Pramono Terima Uang E-KTP, PDIP Minta Gamawan Tanggung Jawab)

Klaim Setnov itu bermula saat Jaksa menanyakan seputar kegiatan sarapan pagi dengan beberapa pihak dikediamannya. Jaksa KPK menanyakan pernyataan 'lawannya dia, PNRI juga, dia juga sudah gue bilangin jangan sampai kebobolan'.

"Iya pak Andi jawab 'yang menang gue ya gue juga'," klaim Setnov.

Terkait dengan pencatutan namanya, Setnov berdalih bahwa dia tak menyangka kalau akhirnya harus terseret dalam pusaran korupsi e-KTP yang membuat negara merugi Rp2,3 triliun ini.

"Saya pikir tak masalah, tapi belakangan masalah, banyak gunakan nama saya yah akhirnya saya minta maaf dan itu kesalahan saya terbesar," dalih Setnov.

 (Baca juga: PDIP Sebut Setnov Berupaya Keras Jadi Justice Collaborator)

Dalam sidang pemeriksaan terdakwa, Setnov cukup mengungkap banyak hal. Antara lain, aliran uang ke Pramono Anung dan Puan Maharani. Lalu, aliran uang ke pimpinan Komisi II DPR dan Badan Anggaran (Banggar) DPR serta pengakuan penerimaan jam tangan Richard Mille dari Johannes Marliem.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini