Pelantikan Pimpinan MPR Tambahan Dijadwalkan Senin Pekan Depan

Bayu Septianto, Okezone · Rabu 21 Maret 2018 22:52 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 21 337 1876194 pelantikan-pimpinan-mpr-tambahan-dijadwalkan-senin-pekan-depan-ktLwOwl5bR.jpg Suasana rapat gabungan MPR (Foto: Bayu Septianto/Okezone)

JAKARTA - Rapat gabungan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyepakati pelantikan Wakil Ketua MPR tambahan dilakukan pada Senin 26 Maret 2018 melalui sidang Paripurna MPR.

"Nanti akan ditetapkan di paripurna dan kemudian dilantik. Senin lah kita paripurna jam 10," kata Ketua MPR Zulkifli Hasan saat memimpin rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).

Kesepakatan ini diambil setelah melalui pembahasan terkait surat protes Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) yang keberatan dengan bertambahnya kursi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB). PPP menganggap penambahan kursi keenam untuk PKB tak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MD3 khususnya pasal 427 a dan c.

 (Baca: MPR Rapat Gabungan Bahas Tambahan Kursi Pimpinan)

Namun, setelah mendengarkan pandangan dari seluruh fraksi di MPR serta perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), rapat gabungan menyepakati kursi keenam untuk PKB.

"Disekapati kursi keenam untuk PKB," ungkapnya.

PPP diwakili Arwani Thomafi legowo menerima keputusan rapat gabungan untuk segera melantik tiga pimpinan baru MPR. Namun, PPP lanjut Arwani tidak bertanggungjawab atas segala masalah yang akan terjadi dari pemberian kursi tambahan itu.

"Terima kasih atas pemahaman yang diberikan pimpinan kita memperhatian sikap PPP kami berusaha bersikap negarawan. Dan setuju untuk ditindak lanjuti dan dilantik Fraksi PPP berkeberatan dan tidak bertanggungjawab pemberian kursi tambahas di luar yang kami sebutkan sebelum MPR melakukan kajian dan konsultasi publik dan ahli hukum tata negara," kata Arwani.

 (Baca juga: Mahyudin Yakin Rapat Gabungan MPR Tak Bahas Pergantian Jabatannya)

Diketahui tiga Wakil Ketua MPR tambahan yang akan dilantik pada Senin pekan depan adalah Ahmad Basarah dari PDIP, Ahmad Muzani dari Partai Gerindra, dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dari PKB.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini