nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahyudin Yakin Tak Akan Dicopot dari Kursi Pimpinan MPR

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 14:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 19 337 1874789 mahyudin-yakin-tak-akan-dicopot-dari-kursi-pimpinan-mpr-JhotftKTvw.jpg Wakil Ketua MPR Mahyudin (Foto: Harits Tryan)

JAKARTA - Partai Golkar berencana merotasi jabatan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Mahyudin dengan Siti Hediati Haryadi alias Titiek Soeharto. Sebaliknya, Mahyudin justru meyakini posisinya sebagai pimpinan MPR tak akan digeser.

Menurut Mahyudin, rotasi pimpinan MPR perlu menaati aturan seperti yang tertuang dalam UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, DPD (MD3). 

"Pimpinan MPR bisa diganti kalau dia mengundurkan diri, meninggal dunia atau berhalangan tetap," ujar Mahyudin di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018).

(Baca Juga: OSO Kaget Golkar Ganti Mahyudin dari Posisi Pimpinan MPR)

Mahyudin menegaskan, sejauh ini dirinya sama sekali tidak mempunyai agenda untuk mengundurkan diri. Sehingga ia sangat yakin surat pergantian pimpinan MPR dari Fraksi Golkar tidak akan direspons. Apalagi, jika pergantian itu tidak memenuhi syarat dan melanggar hukum.

"Saya kira di pimpinan MPR akan taat asas dan taat hukum dan undang-undang. Saya sangat percaya di MPR tidak melanggar undang-undang. Tidak akan ditindaklanjuti," katanya.

Mahyudin pun merasa di balik rencana rotasi pimpinan MPR ini terjadi karena dirinya memiliki perbedaan politik dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

"Mungkin karena saya ada perbedaan gaya politik dengan ketua umum. Bisa jadi ini karena masalah suka dan tidak suka, tapi memang semenjak Munas kemarin sudah ada gaungnya," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini