nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kompolnas Minta Perbankan Bisa Mengamankan Data Nasabah

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 06:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 19 337 1874570 kompolnas-minta-perbangkan-bisa-mengamankan-data-nasabah-rmuhCYFjmg.jpg Ilustrasi kartu ATM (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Komisioner Kompolnas Poengky Indarti meminta perbankan agar bisa mengamankan data nasabah dari tindakan penyadapan pembobolan ATM atau skiming yang belakangan marak terjadi. Ia juga meminta agar pihak bank dapat memonitor aktivitas transaksi nasabah yang mencurigakan.

"Bank harus dapat memonitor aktivitas transaksi nasabah yangg dianggap mencurigakan dan melakukan blokir jika diperlukan," kata Poengky saat dihubungi Okezone, Minggu, (18/03/2018).

Poengky menjelaskan, skimming sendiri adalah kejahatan perbankan yang dilakukan oleh para pelaku dengan cara membobol ATM nasabah dengab menggunakan alat yang ditempel pada tempat memasukkan kartu.

"Kejahatan ini biasanya dilakukan jaringan internasional. Saya yakin Polri mampu menangani kejahatan skimming ini, apalagi jika dilakukan dengan koordinasi bersama pihak bank dan interpol," ungkapnya.

"Terbukti baru-baru ini aparat polri mampu menangkap lima pelaku skiming warga negara asing dan WNI. Sebelumnya di tahun 2017 dan 2015 Polri juga mampu menangkap para pelaku kejahatan skimming," paparnya.

Menurut Dia, ATM yang lemah pengawasan seperti tanpa kamera CCTV mudah untuk dijadikan target oleh para pelaku kejahatan. Untuk itu Ia meminta masyarakat agar waspada dalam memilih ATM di lokasi yang aman.

"Hati-hati juga dengan pin, jangan sampai diketahui orang. Ganti pin secara berkala, sain itu, periksa saldo tabungan secara teratur agar dapat segera mengetahui jika ada yang tidak beres dengan tabungan," tukasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini