nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerahkan 1,1 Juta Personel, Kapolri Yakin Isu SARA Tak Akan Muncul di Pilkada 2018

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 13:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 337 1872591 kerahkan-1-1-juta-personel-kapolri-yakin-isu-sara-tak-akan-muncul-di-pilkada-2018-OtzjXAuxFF.jpg Kapolri Jenderal Tito bersama Wakapolri Komjen Pol Syafrudin saat rapat bareng DPR (Foto: Antara)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian merasa yakin bahwa dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 tidak akan muncul isu Suku, Agama, Ras dan Antar-Golongan (SARA).

Keyakinan Tito itu lahir lantaran dikerahkannya 1.107.310 personel gabungan untuk menjaga keberlangsungan jalannya Pilkada di 171 provinsi, kabupaten/kota di Indonesia itu.

"Dengan kekuatan ini kami merasa confident. Crossing antar partai, isu agama tidak muncul, isu agama tidak muncul. Sehingga pertarungan mungkin pendukung saja," papar Tito di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

 (Baca: Kapolri: 1,1 Juta Personel Gabungan Dikerahkan Jaga Pilkada 2018)

Tito melanjutkan, pada bulan Mei, jajarannya akan melaksanakan Apel Kasatwil untuk melakukan pengecekan terakhir terkait persiapan pengamanan Pilkada.

Menurut Tito, masa kampanye dalam Pilkada yang cukup panjang menjadi keuntungan bagi aparat penegak hukum untuk melakukan pengamanan. Masa kampanye sendiri dimulai 15 Februari–26 Juni 2018.

"Sehingga dengan masa kampanye yang panjang, relatif mengaturnya mudah. Dan dinamika masyarakat tidak fokus," ucap Tito.

Apalagi, dewasa ini, Tito menyatakan media sosial sudah menjadi salah satu wadah untuk berkampanye yang ampuh untuk menarik perhatian massa. Sehingga, menurut Tito kerawanan untuk keamanan dalam memobilisasi massa sedikit berkurang.

 (Baca juga: KPU Gandeng TNI-Polri Distribusikan Logistik Pilkada 2018)

"Apalagi sekarang IT ini, media sosial, bisa jadi juga saluran kampanye dan mengurangi teknik kampanye mobilisasi masa yang biasanya rawan konflik," tutup Tito.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini