Share

Kemendagri Sebut Ada 2 Juta Penduduk Datanya Ganda

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 10 Maret 2018 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 10 337 1870691 kemendagri-sebut-data-2-juta-penduduk-datanya-ganda-ju5Q59bKmY.jpg ilustrasi

JAKARTA - Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrullah mengakui bahwa terdapat banyak data penduduk Indonesia yang masih ganda. Tercatat, saat ini ada sekira dua juta penduduk yang memiliki data-data kependudukan ganda.

‎"Yang ganda data penduduknya bukan KTP eletroniknya. Oleh sistem, yang bisa kita blokir itu ada 2 jutaan yang ganda," kata Zudan Arif saat menghadiri diskusi Polemik MNCTrijaya Network di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/3/2018).

Menurut Zudan, gandanya data kependudukan tersebut lantaran perekaman yang lebih dari satu kali. Namun demikian, Kemendagri sendiri sudah melakukan pemblokiran terhadap dua juta data kependudukan yang ganda.

"Sistem KTP (lama) dengan KTP eletronik (sama), maka KTP yang lain diblokir. Jadi, prinsipnya satu penduduk satu identitas," terangnya.

(Baca Juga: Kemendagri Sebut Kebocoran Rekaman Data E-KTP Hoax)

Sejauh ini, Kemendagri sudah hampir menyelesaikan proses perekaman terhadap data-data kependudukan yang diterima oleh pihaknya. Ditambahkan Zudan, proses perekaman KTP elektronik ini sudah hampir 100 persen.

"Memang banyak kasus, satu orang punya KTP ganda. Tapi, pertama sayan mau melaporkan perekaman e-KTP kita sudah 97,4 persen dan di luar negeri sekitar 5 jutaan juga sudah mulai perekaman," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini