nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS: Penggunaan Cadar adalah Hak Dasar Setiap Insan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 06:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 10 337 1870615 pks-penggunaan-cadar-adalah-hak-dasar-setiap-insan-NfueAROfUf.jpg Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (Foto: Arif Bagus Pratama/Okezone)

JAKARTA – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyebut universitas yang ada di Indonesia tidak berhak melarang mahasiswinya mengenakan cadar. Sebab dalam Islam sendiri, penggunaan cadar tak dilarang.

Dengan demikian, lembaga pendidikan yang ada di Tanah Air tidak bisa melarang dengan alasan apa pun. "Tidak berhak (universitas melarang mahasiswinya untuk menggunakan cadar)," kata Mardani saat dihubungi, Sabtu (10/3/2018).

(Baca: Ketua DPR Nilai Pelarangan Cadar di UIN Yogya Tidak Memiliki Landasan Hukum)

Menurut dia, pelarangan penggunaan cadar sama saja seperti pengekangan terhadap seseorang. Alasannya, itu merupakan hak setiap insan dalam menjalankan kegiatan keagamaan, asalkan tidak melenceng dari dasar yang telah ditetapkan.

"Biarkan kebebasan berskpresi, karena itu hak dasar setiap insan," imbuhnya.

Selama ini, lanjut dia, memang terjadi perdebatan antarulama ihwal penggunaan cadar oleh perempuan. Mardani menerangkan, ada yang berpandangan kalau cadar itu wajib dikenakan saat wanita keluar rumah dan bertemu selain mahramnya.

Tapi, ada juga beberapa ustadz yang berpendapat kalau itu hanya sebuah budaya Arab, sehingga kaum Hawa tidak harus menggunakannya.

(Baca: Fadli Zon Nilai Pelarangan Cadar di UIN Langgar HAM)

"Ada (para ulama) yang berpendapat wajib, ada yang sunah," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengeluarkan surat larangan untuk mahasiswinya dalam menggunakan cadar di lingkungan kampus.

Larangan tersebut dikeluarkan dengan pertimbangan untuk mencegah perluasan paham Islam radikal di lingkungan universitas itu.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini