nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hoax dan Isu SARA Lebih Efektif Dibandingkan Jenis Kampanye Hitam Lainnya

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 17:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 09 337 1870369 hoax-dan-isu-sara-lebih-efektif-dibandingkan-jenis-kampanye-hitam-lainnya-wKpgAeG4bw.jpg Diskusi Hoax Tumbuh Subur, karena Partai Oposisi Tidak Kredibel (foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - Direktur Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menyebut saat ini cara yang paling ampuh untuk memenangkan pemilu yaitu menggunakan hoax dan isu SARA dibandingkan cara lainnya.

“Sekarang beralih ke model baru, dukung mendukung dengan hoax dan sara, ini perpaduan serius dan sangat apik. Dimana hoax terbaik menggunakan sara, sara yang terbaik melalui jalur hoax. Kalau dipadukan, itu ideal, daam konteks kalau sekarang itu pemenangan pemilu,” kata Ray dalam acara diskusi bertajuk ‘Hoax tumbuh subur, karena partai oposisi tidak kredibel’ di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018).

10 Tersangka Dihadirkan pada Rilis Kasus Kejahatan Penyebar Hoax di Bareskrim Polri

(Baca JugaL: Bareskrim Telah Berkoordinasi dengan PPATK Telusuri Aliran Dana MCA)

Ray melanjutkan, berdasarkan hasil survei yang ada dimana cara sebelumnya seperti menggunakan politik uang tidaklah terlalu berpengaruh. Dimana hanya tercatat sebanyak 30 persen saja.

“Money politik semakin rendah, dimana hasil survei hanya menunjukkan tidak lebih dari 30 persen dan money politik ini juga membuat banyak orang tidak mendatangi TPS,” papar Ray.

Oleh karenanya, Ray pun memaparkan bahwa penggunaan cara hoax dan isu sara sangatlah efektif dibandingkan politik uang. Sebab hoax dan isu sara ini bisa menahan elektabilitas calon pasangan lainnya.

“Konteksnya mendelgitimasi wibawa seseorang, menahan elektabilitas seseorang untuk tidak naik, visi misi, politik uang enggak diminati, ya dilihatlalh jalur ini,” pungkasnya.

(Baca Juga: Wakapolri Sebut Kelompok The Family MCA Tak Cerminkan Umat Muslim)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini