nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Tunggu Salinan Putusan Bawaslu Terkait Nasib Partai Bulan Bintang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 16:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 05 337 1868166 kpu-tunggu-salinan-putusan-bawaslu-terkait-nasib-partai-bulan-bintang-JKAvlBiUAg.jpg Komisioner KPU Hasyim Asyari (Foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya menunggu salinan putusan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yang menyatakan Partai Bulan Bintang (PBB) bisa menjadi peserta Pemilu 2019. Hal itu untuk menentukan sikap selanjutnya terkait putusan tersebut.

"Jadi kalau mau ambil sikap, kita harus baca bunyi-bunyiannya di putusan Bawaslu," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2018).

Pihaknya menyayangkan, jajaran Bawaslu belum mengirim putusan tersebut. Hal itu pun membuat KPU tak bisa mengambil sikap dan mempelajari apa yang diputuskan oleh mereka. "Supaya kita memperlajarinya bisa tuntas, tapi sampai jam ini, salinan putusan itu belum diterima, sehingga belum kita bahas mendalam," imbuhnya.

(Baca Juga: Bawaslu Nyatakan PBB sebagai Peserta Pemilu 2019)

Hasyim menjelaskan, di dalam putusan itu akan terlihat poin-poin yang harus dilaksanakan oleh KPU.

"Pokok persoalannya kan putusan itu, pertimbangannya seperti apa, fakta persidangan yang terungkap itu seperti apa, kemudian amar putusannya apa, kita akan pelajari. Kemudian yang mau dipelajari kan belum ada," pungkasnya.

Sebelumnya, Bawaslu menyatakan PBB sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Pernyatakan itu disampaikan dalam sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Abhan

Bawaslu memutuskan menolak eksepsi termohon dan mengabulkan seluruhnya gugatan pemohon," ujar Abhan saat membacakan keputusan Bawaslu, kemarin.

Hasil sidang tersebut juga membatalkan keputusan KPU tertanggal 17 Februari 2018 yang menyatakan PBB tidak lolos verifikasi nasional calon peserta Pemilu. Bawaslu juga memerintahkan KPU untuk melaksanakan keputusan Bawaslu maksimal tiga hari sejak dibacakan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini