Aryo Djojohadikusumo Sebut Atraksi Barongsai Wujud Nyata Merayakan Keberagaman

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 05 Maret 2018 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 05 337 1867924 aryo-djojohadikusumo-sebut-atraksi-barongsai-wujud-nyata-merayakan-keberagaman-AetDDxwQsS.jpg (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Aryo Djojohadikusumo menilai perayaan Cap Go Meh yang digelar di kawasan Glodok, Jakarta Barat, merupakan wujud perayaan keberagaman masyarakat Jakarta.

"Ini bukan hanya warga Tionghoa tapi seluruh warga Jakarta. Bahwa di sini merayakan keberagaman," kata Aryo dalam keterangannya yang diterima, Senin (5/3/2018).

Aryo menyampaikan hal tersbeut usai mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat acara Festival Cap Go Meh di kawasan, Glodok, Jakarta Barat, pada Sabtu 3 Maret 2018.

Menurut Aryo, keberagaman tersebut bisa dilihat dari atraksi Barongsai yang ditampikan saat acara berlangsung. Aksi kesenian khas Tiongkok itu tak disangka dilakukan oleh dua orang berbeda latar belakang suku dan agamanya.

"Itu juga merupakan dari berbagai macam suku, agama, maupun ras. Tadi kan ada dua orang, yang satu katolik yang satu muslim. Jadi bukan warga Tionghoa, tapi merupakan bagian dari budaya kita. Mari kita lestarikan ini," ucap anggota DPR Komisi VII ini.

Menurut Aryo, semangat toleransi dalam perayaan Cap Go Meh yang digelar di berbagai daerah harus dijaga dan dipertahankan. Apalagi, kata dia, ketika menyambut tahun politik.

"Ini menjadi barometer bangsa ini bangsa yang toleran dan menghargai perbedaan," tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan bersama wakilnya Sandiaga Uno hadir di Festival Cap Go Meh 2018 yang diselenggarakan di Glodok, Jakarta Barat. Dalam acara itu Anies mengungkapkan, sudah lima tahun belakangan acara Festival Cap Go Meh tidak pernah dihadiri gubernur dan wakil gubernur. Untuk itu Ia berjanji bersama Sandi akan terus hadir ke acara tahunan tersebut.

"Sudah lima tahun (Festival Cap Go Meh) tidak dihadiri gubernur dan wagub, makanya kita berdua insya Allah komit dan hadir di sini," kata Anies saat memberika sambutan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini